Gaghana: Tulude Esensi Sakral yang Harus Dilestarikan

Bupati Sangihe Jabes Gaghana menyalami warga yang menyambutnya (foto: melky)

TAHUNA- Upacara adat Tulude masih terus berlangsung di berbagai tempat. Bupati Jabes Ezar Gaghana,SE,ME pada Rabu (27/2/2019) menghadiri Tulude di Kecamatan Nusa Tabukan.

Bupati didampingi beberapa pimpinan Satuan Kerja Pimpinan Daerah (SKPD) seperti Kadis Pariwisata Jefry Tilaar, SE,ME, Kadis Tenaga Kerja Drs. D Pangandaheng SE, Kasat POL-PP Drs. RM Parera, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Drs. J Lanongbuka, Kabag Umum M.P.E Rakinaung SE Kabag Humas dan Protokol, F Natingkase, S.Pi serta Wakil Ketua DPRD F.J Sampaikan.

Read More

Dalam sambutannya Bupati memberikan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat Kecamatan Nusa Tabukan atas kebersamaannya menyelenggarakan Tulude. Menurut Gaghana kegiatan seperti ini merupakan modal pemerintah yang perlu mendapat dukungan sepenuhnya dari masyarakat. “Selain kita melestarikan budaya para leluhur, momen seperti ini memberi kesan terbangunnya rasa kekeluargaan, kebersamaan dan rasa persaudaraan,” ucap Gaghana.

Tulude, lanjut dia, adalah sebuah realitas perjalanan kehidupan sebagai umat manusia yang tahu mensyukuri akan pertolongan Tuhan yang membawa kita ada di tahun yang Baru. “Mari kita jaga dan terus lestarikan Tulude untuk anak cucu kita. Tulude bukan sekedar upacara adat, karena Tulude punya esensi sakral yang perlu diperhatikan dan di wariskan untuk anak cucu kita,” kata Gaghana. (eky)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *