Gaungkan Perubahan, Warga Kalangan Mahasiswa Minta Yap Budikasih Frederik Maju Pilbup Sangihe

Yap Budikasih Frederik bersama warga di Pelabuhan Tahuna (Foto: dok MMC)

Tahuna, megamanado– Nama Yap Budikasih Frederik (YPK) kini jadi perbincangan masyarakat Sangihe jelang pemilihan kepala daerah (PIlkada) serentak 2024.  Pengusaha asal Tahuna dan Tamako yang membangun bisnisnya di Bitung dan Manado itu dianggap salah satu figur yang bisa memimpin dan memajukan Kabupaten Kepulauan Sangihe lima tahun ke depan.

Kreasinya sebagai pengusaha diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan dan menghadirkan perubahan nyata untuk Sanguige yang lebih baik. “Kami siap mendukung Pak YPK di Pilbup Sangihe 2024. Sangihe memang butuh figur baru, figur yang bisa membawa kemajuan untuk daerah,” kata kata Vargo, mahasiswa asal Tahuna yang saat ini menimba ilmu pada salah satu perguruan tinggi negeri di Manado, Jumat (3/5/2024).

Read More

Vargo dan rekan-rekan pernah berdiskusi dengan Yap.  Jadi mereka tahu  pengusaha enerjik itu bisa diandalkan memimpin Sangihe.

“Orangnya baik, jujur, pekerja keras dana berjiwa sosial tinggi. Visi dan misinya jelas. Pak YPK magnet baru untuk Pilbup Sangihe 2024,” kata Fargo lagi.

Dengan tema perubahan Sangihe, kalangan aktivis dan mahasiswa siap menopang  langkah YPK  maju Pilkada. “Sebagai putra daerah kita mau Sangihe maju dan berubah. Berapa periode terakhir tidak ada perubahan,”kata Jun, aktivis pemuda Sangihe.

Bahkan tak hanya aktivis dan mahasiswa, sejumlah pengusaha juga menginginkan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Filipina itu bisa berkembang lebih jauh. “Kalau Pak YPK maju torang support. Banyak potensi yang perlu dimaksimalkan untuk kemajuan Sangihe,” kata Ko Yongkor dari Tamako.

Masyarakat percaya YPK bisa mengoptimalkan potensi yang ada di Sangihe, termasuk meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD.  “Saya kenal baik Pak YPK. Saya pikir perlu memberi kesempatan padanya untuk memimpin Sangihe.  Ia bisa menghadirkan perubahan yang diharapkan,” ucap Ko Goan dari Tahuna.

Masyarakat berharap YPK mau merespon permintaan mereka dan segera mempersiapkan diri menghadapi kontestasi Pilbup Sangihe. “Pak YPK figur baru dan harapan baru masyarakat di Pilbup Sangihe. Kita akan dukung Pak YPK tanpa pamrih,” ujar Leprin, warga Tahuna.

Munculnya nama YPK di mata pengamat politik dan ekonomi Sulut Jack Sumerar dianggap bagus. Kata Jack semakin banyak calon akan semakin banyak pilihan bagi masyarakat Sangihe. “Pilihan figur yang terbaik,” imbuhnya.

Dengan banyaknya calon yang muncul pula, Jack berharap partai politik bisa menyaring kandidat terbaik dengan acuan tingkat kesukaan masyarakat. “Kalau Pak YPK disukai banyak warga, maka partai politik pasti memberi kesempatan maju,” ucapnya. (*/ben)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *