Mantap..!!, Penerbangan Australia-Manado Segera Dibuka

  • Whatsapp
Gubernur Olly Dondokambey saat menerima duta besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson di Manado (foto: humas ps)

MANADO-Berada di bibir pasifik dengan potensi alam yang luar biasa dan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, Sulut menjadi bidikan sejumlah negara. Setelah  beberapa  negara di kawasan Asia Tenggara dan China menyatakan ketertarikan untuk kerja sama dalam berbagai bidang, kini tawaran datang dari Australia.

Negeri Kanguru itu mengutus langsung duta besarnya, Paul Grigson untuk menemui Gubernur Sulut, Olly Dondokambey guna menjajaki kerja sama.  Diterima Olly dan sejumlah  pejabat teras di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, Rabu (12/7/2017) di Rumah Dinas Gubernur, Paul menyampaikan kekagumannya.

“Warga Sulut ramah dan baik. Potensi alamnya juga liar biasa. Terima kasih Pak Olly Dondokambey karena sudah menerima dengan baik kehadiran kami di Sulut,” ujar Paul usai pertemuan dengan orang nomor satu di Sulut.

Lantas apa saja yang ditawarkan Paul dalam pembicaraan yang berlangsung penuh keakraban itu? Menurut Olly, ada beberapa hal yang disampaikan Paul.  Namun yang paling mengena adalah tawaran kerja sama di bidang pendidikan dan  pembukaan rute penerbangan Asutralia-Manado.

“Australia  termasuk salah satu negara yang banyak menerima siswa dan mahasiswa dari luar. Menurut Paul, pelajar dan mahasiswa  punya kesempatan besar untuk meneruskan pendidikan mereka di Australia. Sebaliknya pelajar-mahasiswa Australia juga bisa menimba ilmu di Sulut. Pun bisa satu tahun  belajar di Sulut, satu tahun di Australia,” ungkap Olly.

Di sektor wisata, Sulut menurut Olly bisa menjadi daerah transit wisatawan kalau penerbangan Australia-Manado sudah dibuka. “Selama ini hanya ada penerbangan Australia-Bali, nantinya akan ada Australia-Manado.  Bahkan secara paralel bsa penerbangan Bejing-Manado-Austalia. Ini akan menghidupkan sektor wisata Sulut,” ujar mantan Ketua Badan Anggaran DPR ini.

Hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen, Asisten I Jhon Palandung, Asisten III Setdaprov Sulut Roy Roring, Kepala Biro SDA dan Perekonomian, Frangky Manumpil, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Jenny Karouw. (ibc/ado/nji)

 

 

Related posts