Dinas Pendidikan Kaji Proses Merger Sekolah

Proses belajar-mengajar di satu sekolah (foto: istimewa)

MANADO-Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Sulut, berencana melaksanakan merger sekolah yakni SMKN 1 Manado dipindahkan dan gedungnya digabung dengan SMAN 1 Manado. Selanjutnya SMAN 2 Manado dipindahkan dan gedungnya menjadi bagian SMAN 7 Manado.

Namun rencana tersebut diprediksi bakal terkendala, alasannya ada sejumlah kajian yang harus ditelaah untuk dapat memuluskan rencana itu.

Read More

Menurut Kepala Bidang Pembinaan SMA Arthur Tumipa MEd, proses merger sekolah membutuhkan kajian dan itu harus disesuaikan aturan karena jika salah melangkah maka resikonya anak-anak yang akan dikorbankan.

Penyebabnya, jumlah kelas harus disesuaikan dengan siswa disisi lain pemerintah juga harus menjaga agar tidak terjadi penumpukan siswa, disamping beban kerja guru mungkin semakin bertambah.”Semua harus dikaji agar tidak ada yang dirugikan,” ungkapnya Selasa (4/9/2018).

Karena itu tim pengawas pun diterjunkan ke lapangan untuk mengkaji dan segera memberikan laporan sesuai hasil pantauan dilapangan. Kata Tumipa hasil itu nanti dijadikan referensi untuk diputuskan, apakah harus dilakukan merger dan pemindahan sekolah atau tidak.”Kalau hasil pantauan sudah ada nantinya segera dirapatkan bersama untuk diputuskan,” ujar Tumipa. (buf)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *