Ditemani Rita Tangkudung, TP-PKK Sulut Salurkan Bantuan bagi Pengungsi Erupsi Gunung Ruang

Ketua dan Sekretaris I TP-PKK Sulut, Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan dan Kartika Devi Kandouw-Tanos, mendengarkan keluh kesah para pengungsi dampak erupsi Gunung Ruang. Rita Maya dan Kartika yang ditemani Ketua TP-PKK Bitung, Rita Mantiri-Tangkudung, pada kesempatan itu mengunjungi pengungsi untuk memberikan bantuan.

Bitung, megamanado- Pengurus TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyerahkan bantuan bagi warga terdampak erupsi Gunung Ruang. Penyerahan bantuan dilakukan di Tribun Lapangan Kantor Walikota Bitung, Kamis (25/4/2024) sore.

Read More

Rombongan TP-PKK Sulut dipimpin oleh Ketua Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, dan Sekretaris I Kartika Devi Kandouw-Tanos. Kedatangan mereka di Bitung disambut oleh Ketua TP-PKK setempat, Rita Mantiri-Tangkudung, serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Bitung Nurjaya Theno-Munarwin.

Diketahui, saat ini ada ratusan warga asal Tagulandang, Kabupaten Sitaro yang mengungsi di Bitung. Mereka mengungsi buntut dari aktivitas Gunung Ruang yang membahayakan kehidupan mereka. Para pengungsi ini tiba di Kota Cakalang sejak 18 April lalu.

Ada ratusan paket bantuan yang diserahkan dalam kesempatan itu. Bantuan dimaksud terdiri dari bahan pokok dan perlengkapan harian para pengungsi. Ada juga bantuan khusus anak-anak yang jumlahnya sebanyak 50 paket.

Selain memberikan bantuan, dalam kesempatan itu rombongan TP-PKK juga sempat berdialog dengan para pengungsi, sekaligus melihat langsung pelaksanaan konseling trauma healing bagi anak-anak korban erupsi Gunung Ruang.

Suasana haru pun tercipta saat itu. Rita Maya, Kartika dan Rita terlihat ikut merasakan penderitaan yang dialami para pengungsi. Mata ketiganya bahkan sempat berkaca-kaca mendengar keluh-kesah yang disampaikan.

“Atas nama Ibu Ketua TP-PKK, saya menyampaikan turut sepenanggungan dengan apa yang dirasakan bapak-bapak dan ibu-ibu,” ujar Kartika dengan suara bergetar saat merespons penyampaian pengungsi.

Kartika dalam kesempatan itu pun memastikan akan terus membantu para pengungsi. Perhatian dan keperluan yang dibutuhkan akan diupayakan untuk terus diberikan kepada mereka. Ia menyebut hal itu sebagaimana penegasan yang disampaikan Rita Maya.

Sementara itu, di kesempatan terpisah Rita Mantiri-Tangkudung juga menyampaikan hal serupa. Ia menyebut segala bentuk perhatian kepada pengungsi akan diupayakan pihaknya maupun pihak yang lain.

“Karena itu lewat kesempatan ini kami juga mengajak pihak-pihak yang punya kepedulian untuk ikut membantu. Kepedulian sosial sangat diperlukan dalam mengatasi situasi bencana seperti ini,” katanya.

Rita secara khusus memberikan perhatian kepada pengungsi anak-anak. Ia menyatakan konseling trauma healing harus terus-menerus diberikan kepada mereka. Hal itu penting guna menjamin kondisi psikis mereka tidak terganggu akibat musibah yang dialami.

“Gangguan stres pasca bencana sangat rentan terjadi terutama pada anak-anak. Makanya program trauma healing harus terus dilakukan untuk memulihkan mereka. Lihat tadi kan, kasihan ada yang masih bayi tapi terpaksa harus hidup di pengungsian. Itu kalau tidak ditangani dengan tepat bisa mengganggu perkembangan mereka,” tuturnya.(bds)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *