Pilkada 2024: 97,37 Persen Warga Bitung Sudah Jalani Coklit Data Pemilih

Rapat evaluasi pelaksanaan Coklit data pemilih yang digelar KPU Bitung sore tadi.

Bitung, megamanado- KPU Bitung mengevaluasi pelaksanaan tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada 2024. Hasilnya, dari total 169.804 warga Bitung yang masuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan atau DP4, mayoritas diantaranya sudah mengikuti tahapan coklit.

Read More

 

Evaluasi tahapan Coklit diadakan sore tadi di Ballroom Fave Hotel Bitung, Kecamatan Maesa. Evaluasi digelar lewat mekanisme rapat yang dibuka Ketua KPU Bitung Deslie Sumampouw, dan diikuti oleh seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di daerah ini.

 

“Evaluasi wajib dilakukan untuk memastikan tahapan Coklit sudah berjalan dengan baik atau belum,” ujar Deslie saat ditemui usai membuka kegiatan tersebut.

 

Selain itu kata dia, evaluasi juga dilakukan untuk mencari tahu kinerja petugas pemutakhiran data pemilih atau pantarlih. Sejauh mana kinerja dan capaian mereka perlu diukur, mengingat Coklit merupakan tahapan penting demi suksesnya pelaksanaan Pilkada atau Pemilu.

 

“Mereka direkrut dan digaji untuk itu, jadi wajib hukumnya profesional dan bertanggung jawab. Jangan-jangan ada yang tidak pernah turun lapangan dan hanya menggunakan joki. Kalau ada yang seperti itu pasti kita ambil tindakan,” kata Deslie.

 

Adapun dalam evaluasi terungkap capaian tahapan Coklit oleh pantarlih. Per hari ini, warga Bitung yang menjalani tahapan itu sudah mencapai 97,37 persen dari total DP4. Itu artinya kinerja pantarlih terbilang sukses dan berjalan sesuai harapan.

 

“Dari capaiannya sudah bagus. Itu berarti rekan-rekan pantarlih menjalankan tugasnya dengan baik,” tukas Komisioner KPU Bitung yang membidangi Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Frangky Takasihaeng, merespons hasil evaluasi.

 

Frangky pun berharap sisa warga yang belum terakomodir Coklit secepatnya bisa didatangi. Ia menyinggung tiga PPK yang wilayahnya belum tuntas untuk urusan itu, yakni Kecamatan Maesa, Madidir dan Matuari.

 

“Yang belum harus secepatnya tuntas. Dan untuk lima kecamatan yang sudah selesai kami sampaikan terima kasih,” tandasnya.

 

Selain dari internal KPU Bitung, rapat evaluasi pelaksanaan Coklit juga menghadirkan narasumber dari pihak eksternal. Mereka adalah salah satu pimpinan Bawaslu Bitung, Ahmad Syakur, dan salah satu kepala bidang di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkot Bitung, Christian Wurangian.(bds)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *