Peringati WBDD, PMI Bitung Kampanyekan Donor Darah Lewat Jalan Sehat

Kegiatan jalan sehat bersama digagas PMI Bitung dalam rangka peringatan World Blood Donor Day atau Hari Donor Darah Sedunia.(ist)

Bitung, megamanado- Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bitung memprakarsai kegiatan jalan sehat bersama pada Sabtu (15/6/2024) pagi. Kegiatan ini diadakan dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Day (WBDD), yang diperingati setiap tanggal 14 Juni tahun berjalan.

Read More

 

Kegiatan jalan sehat PMI diikuti berbagai pihak yang terkait. Selain jajaran Pemkot Bitung, ada juga pelajar dan masyarakat umum yang ambil bagian. Kegiatan itu mengambil titik start dan finish di ruas jalan depan Kantor Walikota Bitung, yakni Jalan Sam Ratulangi.

 

Rita Mantiri-Tangkudung selaku Ketua PMI Bitung menjelaskan perihal kegiatan dimaksud. Menurut dia, selain dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia, jalan sehat itu juga untuk mengajak semua pihak agar tidak lupa berolahraga.

 

“Sesuainya namanya jalan sehat, kita ingin mengajak masyarakat rajin berolahraga agar memiliki tubuh yang sehat. Dan ini tentunya punya korelasi dengan kegiatan donor darah, karena tubuh yang sehat biasanya punya kualitas dari yang baik untuk didonorkan,” terangnya.

 

Rita mengakui kegiatan ini juga bermaksud mengkampanyekan kebiasaan mendonorkan darah di masyarakat. Sebab selain untuk tujuan kemanusiaan, kebiasaan donor darah juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan prima.

 

“Makanya diharapkan kegiatan ini bisa mendorong siapa saja untuk bisa mendonorkan darah mereka bagi pihak yang membutuhkan,” tukasnya.

 

Tak cuma jalan sehat, hajatan yang digagas PMI Bitung juga menghadirkan sejumlah kegiatan yang bersifat perlombaan. Kegiatan itu diikuti para pelajar yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) di daerah ini. Kecuali itu, ada juga pemberian doorprize bagi peserta yang beruntung.

 

“Doorprize yang disiapkan ada banyak. Ada kulkas mini, kompor gas, mesin cuci, seterika, rice cooker dan lain-lain. Ini memang disiapkan agar peserta antusiasi mengikuti kegiatan ini, sekaligus menyadari pentingnya kebiasaan mendonorkan darah,” ujar salah satu personil Markas PMI Bitung, Freise Lahose.

 

Walikota Bitung Maurits Mantiri yang ikut serta memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Maurits yang juga anggota Dewan Kehormatan PMI Bitung meminta kegiatan semacam itu rutin dilaksanakan. Ia menganggap jalan sehat sebagai kegiatan positif yang perlu dibuat rutin.(bds)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *