Peringati Hari Lahir Pancasila, PDI Perjuangan Bitung Gelar Upacara Bendera

Pelaksanaan upacara bendera oleh pengurus DPC PDI Perjuangan Bitung dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila.(ist)

Bitung, megamanado- Pengurus DPC PDI Perjuangan Bitung menggelar upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024. Upacara diadakan di halaman kantor partai di Kelurahan Manembo-nembo, Kecamatan Matuari, Sabtu (1/6/2024) pagi.

Read More

 

Upacara diikuti jajaran pengurus partai di berbagai tingkatan, baik DPC, PAC, hingga organisasi sayap dan badan partai. Turut serta pula sejumlah caleg DPRD Bitung terpilih dalam Pemilu 2024 Februari lalu.

 

Ridwan Mapahena selaku Wakil Ketua DPC bertindak selaku inspektur upacara. Sementara, untuk pemimpin upacara ditunjuk Ketua PAC Maesa Jerri Kansil.

 

Sekretaris DPC Aldo Nova Ratungalo dalam keterangannya menjelaskan perihal kegiatan itu. Ia menyebut peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan dalam rangka terus membumikan semangat Pancasila kepada seluruh kader, termasuk masyarakat luas.

 

“Di PDI Perjuangan seperti itu. Semangat dan nilai-nilai Pancasila terus kita gelorakan dalam setiap kesempatan, dengan tujuan mengingatkan seluruh kader tentang arti penting Pancasila sebagai dasar negara,” terangnya.

 

Harapannya lanjut Aldo, dalam keseharian seluruh kader PDI Perjuangan dapat mengaktualisasikan ajaran Pancasila kepada semua elemen. Hal itu penting mengingat nilai-nilai luhur Pancasila jadi modal utama dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

 

Adapun, peringatan Hari Lahir Pancasila juga dirangkaikan dengan peringatan Bulan Bakti Bung Karno oleh PDI Perjuangan. Diketahui, setiap Bulan Juni tahun berjalan partai berlambang kepala Banteng ini melaksanakan bulan bakti tersebut. Agenda itu dilaksanakan dalam rangka menghormati sosok Bung Karno dan karya-karyanya semasa hidup.

 

“Jadi ini rangkaian kegiatan. Hari ini dibuka dengan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, dan setelah ini dilanjutkan dengan peringatan Bulan Bakti Bung Karno,” tukasnya.

 

PDI Perjuangan Bitung pun sudah menyiapkan berbagai kegiatan terkait dua agenda tersebut. Selain lomba olahraga, ada juga kegiatan pembagian bahan pokok kepada pihak yang membutuhkan. Sesuai rencana, pihak yang jadi sasaran penyerahan bantuan bahan pokok adalah penyapu jalan dan petugas kebersihan, serta para tukang ojek.

 

“Kita memaknai peringatan Hari Lahir Pancasila dan Bulan Bakti Bung Karno dengan menunjukan kepedulian sosial. Makanya kegiatan pembagian bantuan bahan pokok dipilih karena mencerminkan semangat itu. Untuk jadwalnya nanti akan disiapkan, tapi yang jelas dalam waktu dekat,” pungkasnya.(bds)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *