Lenny Tumober Mengucapkan Selamat Hari Pancasila 1 Juni 2024

MANADO,megamanado – Hari lahir Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni dan hari ini diperingati dengan Upacara Bendera. Untuk Kota Manado dipusatkan di Lapangan Sparta Tikala.

Olehnya Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Manado Lenny Deasy Tumober mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila.

“Selamat Hari Lahir Pancasila.”

Harapannya Pancasila selalu ada di setiap sanubari bangsa Indonesia yang mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Indonesia itu Pancasila, jadi kita harus menjunjung tinggi itu agar persatuan dan kesatuan selalu terwujud,” katanya.

Adapun sejarahnya berawal dari kekalahan Jepang pada perang pasifik, mereka kemudian berusaha mendapatkan hati masyarakat dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan membentuk sebuah Lembaga yang tugasnya untuk mempersiapkan hal tersebut. Lembaga ini dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai. Pada sidang pertamanya di tanggal 29 Mei 1945 yang diadakan di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), para anggota membahas mengenai tema dasar negara.

Sidang berjalan sekitar hampir 5 hari, kemudian pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. Pada saat itu Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni Sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”. (cie)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *