Mulai Lusa, Kantor Pertanahan Bitung Buka Pelayanan Hingga Hari Sabtu

Kepala Kantor Pertanahan Bitung Budi Tarigan menjelaskan soal peluncuran program Pelataran.(ist)

Bitung, megamanado- Guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik, Kantor Pertanahan Bitung terus berinovasi. Terkini, program baru bertajuk Pelataran diluncurkan instansi tersebut.

Read More

 

“Kami punya program baru yang akan segera diluncurkan, namanya program Pelataran,” ujar Kepala Kantor Pertanahan Bitung Budi Tarigan, Kamis (16/5/2024) di kantornya di Kelurahan Manembo-nembo Tengah, Kecamatan Matuari.

 

Budi menyampaikan hal itu dalam konferensi pers peluncuran program dimaksud. Pelataran itu sendiri akronim dari Pelayanan Pertahanan Akhir Pekan. Program ini hadir sebagaimana instruksi dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

 

Budi pun menerangkan perihal program Pelataran. Sesuai namanya, program dimaksud akan mewajibkan Kantor Pertanahan Bitung membuka pelayanan pada akhir pekan atau Hari Sabtu. Dengan kata lain, waktu pelayanan yang diberikan ke masyarakat bisa seminggu full minus Hari Minggu.

 

“Jadi dengan program ini kami akan membuka pelayanan untuk masyarakat pada Hari Sabtu. Waktunya dari jam 09.00 WITA sampai jam 14.00 WITA,” ungkapnya.

 

Pelayanan pada Hari Sabtu ini hampir mencakup semua pelayanan pada hari kerja biasa. Loket akan tetap dibuka untuk melayani masyarakat, tapi khusus untuk pelayanan via online tidak termasuk di dalamnya.

 

“Secara umum ada tiga layanan yang kita siapkan dalam program Pelataran, yaitu layanan pertanahan yang belum tersedia secara elektronik, kemudian layanan validasi atau plotting sertipikat, dan layanan informasi serta pengaduan masyarakat,” beber Budi.

 

Program pelataran ini ditujukan untuk semua lapisan masyarakat. Meski begitu, program tersebut secara khusus akan sangat membantu kalangan ASN dan pegawai swasta yang biasanya sibuk di hari kerja.

 

Tak cuma itu, Budi juga menyatakan jika program Pelataran punya manfaat untuk meminimalisir praktik percaloan. Hal itu dimaksudkan agar pemilik tanah yang punya urusan dengan Kantor Pertanahan bisa mengurus sendiri keperluannya.

 

“Karena itu tadi, PNS atau pegawai swasta biasanya sibuk pada hari kerja. Akibatnya mereka lebih sering memberi kuasa kepada pihak lain untuk mengurus keperluannya. Nah, kita mencermati itu sehingga lahirlah program Pelataran ini. Kalau mereka sibuk di hari biasa, silahkan datang mengurus sendiri pada Hari Sabtu,” paparnya.

 

Budi memastikan program Pelataran ini akan segera dijalankan. Lusa nanti program tersebut sudah bisa diakses oleh masyarakat luas. Karena itu, ia mempersilahkan siapa saja yang berkepentingan untuk datang ke kantornya pada Sabtu ini.

 

“Jadi mulai Hari Sabtu ini dan seterusnya program Pelataran sudah jalan di Kantor Pertanahan Bitung,” pungkasnya.(bds)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *