Setelah Ukir Prestasi, Bulan Ini Tamuntuan Akhiri Tugas PJ. Bupati Sangihe

SANGIHE, megamanado com- Tidak terasa perjalan karir dr. Rinny Tamuntuan sebagai penjabat Bupati kabupaten kepulauan Sangihe akan berakhir bulan ini, (mei) Namun meski hanya selama dua tahun memimpin Bumi Tampungang Lawo, isteri Ketua DPRD Sulut, Fransiscus Andi Silangen ini mampu mengukir prestasi sekaligus banyak meninggalkan kenangan manis bagi warga yang berbatasan dengan negara tetangga Philipina.

Dilihat dalam proses penyelenggaraan pemerintahan sejak dipercayakan mengemban tugas dan tanggungjawab selaku Penjabat Bupati di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rinny langsung menjalin hubungan kerjasama dan sinergitas, baik dengan segenap Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Jajaran Aparatur Pemerintahan, DPRD, TNI/POLRI, Organisasi Keagamaan, Organisasi Kemasyarakatan, terlebih segenap lapisan dan elemen masyarakat, serta komponen pembangunan lainnya.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, di tahun 2023, Pemerintah Pusat, Provinsi hingga Kabupaten/Kota memberikan fokus perhatian bagi percepatan penanganan stunting, dan untuk tahun 2023 angka Prevelensi Stunting di Kabupaten Kepulauan Sangihe telah mengalami penurunan yang signifikan, yakni dari Bulan Februari sebesar 3,39% menjadi 2,03% di Bulan Agustus 2023.

“Keberhasilan penurunan angka prevelensi stunting ini merupakan intervensi secara bersama dalam sinergitas antara Tim Percepatan Penurunan Stunting Pemerintah Daerah, TNI serta seluruh masyarakat yang lebih menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan keluarga masing-masing,”ungkap Rinny dalam wawancara khusus belum lama ini.

Soal mutu pelayanan kesehatan, Rinny juga berkreasi dengan terus diupayakan melalui penambahan sarana dan prasarana serta peningkatan kualitas SDM tenaga kesehatan dan juga melalui bantuan program BPJS Jaminan Kesehatan bagi 96.513 (sembilan puluh enam ribu lima ratus tiga belas) penduduk di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang dibiayai oleh pemerintah.

Di bidang pendidikan keberhasilan juga dapat dilihat antara lain dengan penambahan dan peningkatan sarana prasarana pendidikan baik PAUD/TK, SD maupun SMP, seperti taman bermain, bangunan sekolah, laboratorium, rumah dinas guru dan perpustakaan.

Dan dalam meningkatkan pelayanan publik, masyarakat lebih dimudahkan melalui inovasi pelayanan dokumen kependudukan dan pengurusan perijinan melalui layanan online yang telah diberlakukan oleh Pemerintah Daerah.

Hal ini membantu masyarakat dalam kepengurusan baik dokumen kependudukan maupun perijinan menjadi lebih mudah, murah dan cepat.

Inovasi ini juga sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mendukung kemudahan investasi di daerah, dengan memberikan kemudahan yang seluas-luasnya bagi iklim berusaha baik pelaku usaha kecil, menengah, maupun besar, melalui dukungan regulasi perizinan usaha secara elektronik.

“Atas Peningkatan Pelayanan Publik ini pun Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe telah memperoleh nilai Kategori A Kualitas Tertinggi untuk penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 oleh Ombudsman Republik Indonesia,”kata Rinny.

Program dalam peningkatan taraf hidup masyarakat juga telah dilakukan melalui penyerahan bantuan-bantuan sosial bagi keluarga yang kurang mampu, penyandang disabilitas, panti asuhan dan para lansia, bantuan bagi UMKM dan Kelompok Usaha Bersama di bidang Pertanian, Perikanan dan Industri Rumahan.

Disamping itu bantuan perlindungan bagi para pekerja di Kabupaten Kepulauan Sangihe juga diberikan oleh Pemerintah melalui program BPJS Ketenagakerjaan bagi 3.451 pekerja baik formal maupun informal.

Khusus dalam pengendalian inflasi daerah, Rinny bahkan turun langsung ditengah masyarakat, baik dalam menjaga keterjangkauan harga yang dilaksanakan melalui kegiatan operasi pasar dan gerakan pangan murah di kecamatan-kecamatan, termasuk pemantauan harga menjaga ketersediaan pasokan yang dilaksanakan melalui kegiatan mendorong petani dalam gerakan menanam, penyerahan bantuan benih holtikultura, pengawasan terhadap penimbunan barang, inspeksi/pemeriksaan barang kadaluwarsa, mendorong gerakan cinta halaman rumah, konsumsi pangan lokal dan pengisian lumbung pangan. Advetorial (e’Q)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *