Bank SulutGo Dukung UMKM Sulawesi Utara melalui Penyaluran KUR

Bank SulutGo mendukung UMKM Sulawesi Utara melalui penyaluran KUR. (Dok.BSG)

MANADO – Dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Utara, Bank SulutGo (BSG) melalui Direktur Umum Joubert Dondokambey menyerahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) perbankan kepada para pelaku UMKM. Penyerahan ini dilakukan pada Puncak Acara Festival Ramadhan & Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sulut 2024 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di Ballroom Hotel Four Points by Sheraton Manado, Kamis (4/4/2024).

Penyerahan KUR ini disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin, Gubernur Sulawesi Utara Prof. Dr. (H.C.) Olly Dondokambey, S.E dan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara Andry Prasmuko.

Read More

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan beberapa kegiatan lainnya, yaitu:

  • Pengukuhan KDEKS Sulawesi Utara
  • Penyerahan Pilot Project Demplot Pertanian Ponpes
  • Sertifikasi Kompetensi Juleha
  • Sertifikasi Halal RPH
  • Pencatatan Rekor MURI Sajian Mie Cakalang Terbanyak
  • Penandatanganan Akta Pembentukan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H)

Direktur Umum BSG Joubert Dondokambey mengatakan bahwa BSG berkomitmen untuk mendukung pengembangan UMKM di Sulawesi Utara. Penyaluran KUR ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM dalam meningkatkan modal usaha dan mengembangkan usahanya.
“BSG terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi para pelaku UMKM, termasuk dalam hal akses permodalan. Kami berharap dengan penyaluran KUR ini dapat membantu UMKM di Sulawesi Utara untuk tumbuh dan berkembang,” ujar Joubert.
BSG menyediakan KUR dengan berbagai jenis dan suku bunga yang kompetitif. UMKM yang ingin mengajukan KUR dapat datang ke kantor BSG terdekat atau melalui website BSG.

Dukungan Pemerintah dan Bank Indonesia

Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia atas penyelenggaraan kegiatan ini. KH Ma’ruf Amin juga menekankan pentingnya pengembangan UMKM bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“UMKM merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian nasional. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan daya saing UMKM, termasuk dalam hal akses permodalan,” ujar KH Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara Prof. Dr. (H.C.) Olly Dondokambey, S.E mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus berupaya untuk mendukung pengembangan UMKM di daerahnya.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah mengeluarkan berbagai kebijakan dan program untuk mendukung UMKM, seperti pelatihan, pendampingan, dan akses permodalan,” ujar Olly Dondokambey.
Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara Andry Prasmuko mengatakan bahwa Bank Indonesia berkomitmen untuk mendukung pengembangan UMKM di Sulawesi Utara melalui berbagai program, termasuk melalui KDEKS. “KDEKS diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan informasi, edukasi, dan akses permodalan,” ujar Andry Prasmuko.

Harapan untuk UMKM Sulawesi Utara

Penyerahan KUR dan berbagai kegiatan lainnya pada Puncak Acara Festival Ramadhan & Pengukuhan KDEKS Sulut 2024 diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM di Sulawesi Utara. Dengan dukungan dari pemerintah, Bank Indonesia, dan perbankan, diharapkan UMKM di Sulawesi Utara dapat tumbuh dan berkembang, sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. (red/BSG)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *