Dua Caleg PDI Perjuangan Bitung Potensial Ukir Rekor Empat Periode Terpilih

Ahmad Syafrudin Ila dan Aldo Nova Ratungalo.(ist)

Bitung, megamanado- Dua caleg DPRD Bitung dari PDI Perjuangan, Aldo Nova Ratungalo dan Ahmad Syafrudin Ila, diambang mengukir rekor baru. Jika resmi dinyatakan terpilih oleh KPU Bitung, keduanya bakal mencatatkan rekor paling sering terpilih sebagai anggota dewan.

Read More

 

“Data sementara kami Pak Aldo dan Pak Aco (sapaan akrab Ahmad Syafrudin Ila,red) masuk. Jadi mereka berdua memang berpeluang besar untuk terpilih kembali,” ujar Kepala Sekretariat DPC PDI Perjuangan Bitung, Suleman Luawo, saat dikonfirmasi perihal peluang Aldo dan Ahmad terpilih.

 

Suleman yang dihubungi tadi siang ikut membeber perolehan suara Aldo dan Ahmad. Meski tidak merinci, ia menyebut suara yang didapat keduanya sudah cukup untuk kembali melanjutkan pengabdian di DPRD Bitung.

 

“Pak Aco sekitar 1.500an suara, dan Pak Aldo di atas 2.000 suara,” tukasnya.

 

Berdasarkan catatan yang ada, Aldo dan Ahmad sudah tiga kali terpilih alias tiga periode menjabat anggota DPRD Bitung. Dengan begitu, jika kali ini terpilih maka keduanya akan mencatatkan sejarah baru, yakni empat periode menjabat sebagai wakil rakyat.

 

Sejauh ini rekor periodisasi terpanjang untuk seorang anggota DPRD Bitung baru tiga periode. Selain Aldo dan Ahmad, beberapa nama yang tercatat pernah menjabat tiga periode antara lain, Maurits Mantiri (2004-2009, 2009-2014 dan 2014-2019), Femmy Lumatauw (2009-2014, 2014-2019, dan 2019-2024), serta Boy Gumolung (2009-2014, 2014-2019 dan 2019-2024).

 

Pada Pemilu ini Femmy Lumatauw tidak mencalonkan diri lagi. Ia memilih beristirahat dan digantikan anaknya Cherry Mamesah. Hal yang kurang lebih sama juga berlaku pada Maurits Mantiri. Sejak terpilih sebagai Wakil Walikota pada Pilkada 2015 dan kemudian Walikota pada Pilkada 2020, ia digantikan anaknya Geraldi Mantiri untuk maju bertarung.

 

Sementara, Boy Gumolung pada Pemilu tahun ini masih mencalonkan diri. Setelah dua periode terpilih sebagai anggota DPRD dari PKP Indonesia, kali ini yang bersangkutan maju lewat Partai Hanura. Hanya saja, dari data sementara yang dirangkum peluang Boy terpilih agak kecil. Karena itulah tersisa Aldo dan Ahmad yang potensial memecahkan rekor empat periode terpilih sebagai wakil rakyat.

 

Aldo pertama kali duduk sebagai anggota DPRD pada periode 1999-2004. Ia kemudian terpilih lagi pada periode selanjutnya, yakni 2004-2009. Sayangnya, pada dua Pemilu berikut Aldo kalah bersaing. Ia baru terpilih kembali pada 2019 lalu, sekaligus periode ketiganya sebagai legislator. Selama duduk sebagai anggota DPRD, baik untuk periode yang akan datang, Aldo selalu mencalonkan diri dari PDI Perjuangan.

 

Pencapaian yang lebih spektakuler ditorehkan Ahmad. Dihitung dengan Pemilu tahun ini, ia tercatat empat kali beruntun terpilih sebagai anggota DPRD. Ahmad pertama kali terpilih pada Pemilu 2009, dan terus berlanjut tanpa putus hingga Pemilu tahun ini. Namun begitu, sebagai kader PDI Perjuangan ia baru tahun ini dinyatakan terpilih. Pasalnya, untuk tiga periode sebelumnya ia duduk sebagai legislator dari Partai Amanat Nasional (PAN).(bds)

Related posts