Sukacita Umat Katolik Rutan Manado Ikuti Misa dan Terima Abu

Megamanado.com, Manado–-Suka cita iman dirasakan oleh puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan beragama Katolik yang tengah menjalani proses hukum di Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado, Minggu (19/02). Kerinduan untuk mengikuti Misa di hari minggu sekaligus menerima abu di masa awal Prapaskah terjawab lewat pelayanan Paroki Ignatius Manado di Gereja Abigail. Pastor Damianus Yangko Alo, Pr yang merupakan Pastor Paroki Ignatius Manado memimpin langsung Misa Kudus tersebut.
Umat Katolik di Rutan Manado yang mencapai 35-an Warga Binaan, termasuk tiga wanita baru menerima Abu tidak seperti lazimnya di tradisi Katolik yaitu Rabu Abu. Namun karena Rabu, 14 Februari semua terkonsentrasi dalam Pesta Demokrasi Pemilu 2024 maka baru dilaksanakan Minggu bersamaan dengan pelaksanaan Misa di Gereja Abigail yang biasanya dilaksanakan setiap bulan di minggu ketiga.
Biasanya, Rabu Abu pertanda sebagai hari pertama dalam menyambut Pra-Paskah.

Nantinya, Rabu Abu akan dijalankan selama 40 hari ke depan sebelum Paskah atau Jumat
Tokoh Umat Katolik Johanis Ferro Taroreh mengucap syukur karena penangannya jadwal kunjungan Misa di Gereja Abiagail kini telah digilir lewat putusan Kevikepan Keuskupan Manado.
Hal tersebut juga disampaikan oleh Pst Damianus Yangko Alo sebelum menutup Misa. ‘’Telah diputuskan lewat Kevikepan Keuskupan Manado yang digilir setiap Paroki. ‘’Dan kali ini giliran kami, Paroki Ignatius Manado. Dan tentunya di minggu ketiga,’’ ungkapnya.
Pst Damianus Yangko Alo didampingi empat Wilayah Rohani yaitu WR Sta Monica yang dipimpin Ny Cathalina Binui, WR Sta Bernadette (Fredie Frans), WR Sta Caecilia (Meylani Tampenawas) dan WR St Albertus Agung (Ny Jeine Sompie) dan Dewan Pastoral Paroki, Ny Rosaline Kandoy, Ny Irene Tenoch, Ny Katerina Sewow.

(Ipang)

Related posts