Pesta Demokrasi di Rutan Manado Lancar, 458 WBP Salurkan Hak Pilih

Megamanado.com, Manado —– Pelaksanaan Pesta Demokrasi, Pemilu 2024 yang digelar serentak pada Rabu, 14 Februari di Rutan Manado berjalan lancar tanpa hambatan. Dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus yang disiapkan di Aula Rutan yaitu TPS 901 dan TPS 902 menjadi saksi pelaksanaan hajatan prestisius lima tahun sekali itu. Sebanyak 458 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ikut berpartisipasi menyalurkan hak pilihnya bersama pegawai Rutan yang dimulai tepat pukul 08.00 Wita itu. Kepala Rutan Manado, Widodo bersama Kasubsi Pelayanan Tahanan Wahyono dan Kepala Satuan Pengamanan Rutan, Rico Wendur mengawal langsung seluruh jalannya pelaksaan Pemilu 2024 di Rutan Manado yang memilih Presiden, Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPD RI, Dewan Minahasa ke Deprov dan DPRD Minahasa. Bahkan, Widodo turut menyalurkan hak pilihnya di TPS 901.


‘’Disini, setiap Warga Binaan mendapatkan hak dipilih dan memilih dalam Pemilihan Umum berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil seusai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,’’ ujar Karutan Widodo disela-sela proses pencoblosan.
Sebelum melaksanakan pemilihan jajaran Rutan Manado melaksanakan apel bersama untuk pengamanan dan pengawasan Pemilu agar berjalan dengan aman dan tertib. Pengamanan kegiatan Pemilu Tahun 2024 di TPS Khusus Rutan Manado melibatkan unsur TNI/Polri 3 orang personal dari Polsek Tombulu,1 orang Personil dari Koramil 1309-04 Pineleng.
Pemilihan Umum dimulai dengan Pemungutuan Suara Hari Rabu, 14 Februari 2024 pukul 08.00 Wita sampai dengan 16.00 Wita, untuk DPTb berlangsung pukul 12.00 Wita sampai dengan pukul 16.00 Wita dilanjutkan dengan perhitungan suara, rekap hasil. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa dan Komnas HAM memantau langsung seluruh jalannya pelaksanaan Pemilu di Rutan Manado.

(Ipang)

Related posts