Dukung Penuh! Puluhan Ribu Warga Tomohon Optimistis Jerry Sambuaga Lolos DPR RI

Masyarakat Tomohon Utara meneriakkan yel-yel menangkan Jerry Sambuaga, Caleg DPR RI nomor urut 2 dari Partai Golkar (Foto: Dion)

Tomohon, megamanado-Tomohon menjadi salah satu daerah di Sulawesi Utara (Sulut) yang akan menyumbang suara signifikan buat Jerry Sambuaga, calon legislatif (Caleg) DPR RI nomor urut 2 dari Partai Golkar. Doktor termuda ilmu politik dari Universitas Indonesia (UI) itu memiliki puluhan ribu pendukung setia di Kota Bunga.

Penegasan tersebut disampaikan tokoh masyarakat Tomohon, Joy Palilingan saat diskusi ringan dengan sejumlah wartawan Kamis (8/2/2024). “Jerry Sambuaga punya rumah di Tomohon. Setiap ke Sulut ia selalu mampir di Tomohon. Jadi masyarakat menganggap Jerry orang Tomohon,” kata Joy.

Read More
Caleg DPR RI nomor urut 2 dari Partai Golkar disambut meriah di Tomohon (Foto: dok Edwin)

Ketika Jerry kembali dicalonkan Golkar ke DPR RI, masyarakat Tomohon menurut Joy memberi dukungan penuh. “Dukungan itu tulus, Masyarakat bangga punya figur dengan prestasi mentereng di pusat. Apalagi Jerry sosok yang bersahabat, santun, rendah hati dan pekerja keras. Mereka bersemangat. Puluhan ribu warga Tomohon siap mengantar Jerry kembali ke DPR RI,” ujar mantan anggota DPRD Provinsi (Deprov) Sulut ini.

Menilik kondisi di lapangan, apa yang disampaikan Joy tersebut memang betul. Di sejumlah kelurahan, teriakan dan coblos Jerry Sambuaga terus disuarakan.

Kampanye terakhir yang digelar di Tomohon, Sabtu (10/2/2024) juga memperlihatkan masyarakat Tomohoon ke pria yang pernah didapuk Forum Pemantau Parlemen (FPP) sebagai Legislator Terbaik Senayan 2019 itu. “Jerry disambut meriah. Mereka meneriakkan yel-yel coblos dan menangkan Jerry Sambuaga dengan penuh semangat,” kata Edwin Septian Kambey, salah satu tokoh pemuda Tomohon.

Sebelum kampanye terakhir, Jerry juga mengunjungi beberapa titik. Ribuan orang menurut Kambey menyambutnya dengan antusias.“Lihat di Tomohon Utara saja, ada ribuan warga yang datang memberikan dukungan buat Jerry,” ujarnya.

Ia menyebut putra mantan Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Perumahan Rakyat Theo L. Sambuaga itu menjadi magnet banyak kalangan. “Tua dan muda, lintas generasi dan beragam profesi memberikan dukungan buat Jerry. Saya kira puluhan ribu warga Tomohon yang mendukung  Jerry.Tomohon gas full,” ucap Kambey.

“Mereka percaya Jerry dengan background pendidikan yang baik dan pengalaman hebat di level nasional pasti bisa mengawal aspirasi masyarakat Sulut, termasuk Tomohon di DPR RI,” kata Kambey lagi.

Sementara sejumlah politisi Tomohon seperti Benny Wilar, Lamert Gustaf Mawuntu dan Thonny Manopo meyakini  Ketua DPP Golkar dan Ketua Umum DPP AMPI itu akan bersinar di pusat. “Tak hanya pintar, Jerry punya jejaring luas. Ia kader muda yang mendapat kepercayaan besar dari Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto,” ucap Benny.

Para politisi ini juga respek dan senang dengan sikap Jerry yang menghargai semua kalangan. Karena itu memberikan dukungan penuh.  “Ia homat kepada yang lebih tua, merangkul yang lebih muda dan mau berbagi pengalaman atau ilmu kepada siapa pun,” kata Gustaf.

Di sisi lain, tokoh masyarakat Tomohon, Jimmy Eman menyebut Jerry sebagai ‘aset’ berharga Sulut. “Di kabinet Jokowi-Ma’rif Amin ia menunjukkan sinarnnya. Lewat kinerja dan prestasinya, ia mengangkat citra Sulut,” ujar mantan Wali Kota Tomohon ini.

Seperti Joy, Jimmy juga percaya Tomohon akan memberi suara signifikan buat mantan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) itu. “Kita doakan yang terbaik buat Jerry,” kata Jimmy.(*/nji)

 

 

 

Related posts