Kapolda Sulut Diminta Berantas Semua “Lintah” Solar Ilegal di Sulut

Megamanado.com, Manado—Bisnis solar ilagal di Sulut khususnya di Kota Manado masih terus menjamur. Aktor-aktor besar semisal, NF,RB,OB,FK dan lain-lain masih belum tersentuh hukum. Kuat dugaan mereka dibekengi oknum-oknum kepolisian dalam melancarkan aksinya.

Sudah menjadi rahasia umum, kalau aktor-aktor utama dalam bisnis solar ilegal sampai saat ini masih bebas berkeliaran. Mungkin, karena sumber daya atau dana yang mereka miliki, sehingga aparat penegak hukum dapat dibungkam.

Memang sebelumnya, sudah ada tindakan baik ditingkatkan Polda dan Polres-polres jajaran dalam memberantas penyedot solar bersubsidi di berbagai SPBU di kota Manado, sudah ada beberapa yang berhasil ditempatkan dibalik jeruji karena melakukan tindak pidana UU Migas. Namun dari sekian banyaknya oknum-oknum tersebut, aktor-aktor utama dalam industri solar ilegal di Manado masih belum tersentuh.

Panglima besar Brigade Nusa Utara Jun Kaligis mengatakan, Polda Sulut harus berani menindak tegas dan memberantas semua “Lintah” penyedot solar bersubsidi.

“Saya meminta Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan untuk bersikap tegas, jangan terkesan tebang pilih dalam permasalahan solar ilegal ini. Setidaknya, ada tindakan nyata bahwa pihak Kepolisian tidak main-main dalam pemberantasan bisnis ilegal ini. Kami juga meminta semua pihak untuk berperan dan tidak takut melaporkan ke pihak berwajib jika ditemukan adanya aktivitas ilegal semacam ini” tutur Jun Kaligis.

Perlu diketuhui, sejak diberlakukan sistem barkod oleh pihak Pertamina, sepertinya kegiatan ilegal pembelian solar subsidi dengan jumlah besar akan terhenti, namun pada kenyataannya masih terdapat celah dengan berbagai modus seperti, gonta-ganti Plat kendaraan, dan sebagainya sehingga kegiatan ilegal semacam ini masih terus menjamur.

(Ipang)

Related posts