KGPM Mesias Ranomuut Gelar Acara Syukuran Tulude

Megamanado.com, Manado—Sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang maha Esa sekaligus bentuk apresiasi terhadap budaya suku Sangihe, Kerapatan Gereja Protestan di Minahasa (KGPM) sidang mesias Ranomuut menggelar acara adat Tulude, Minggu (28/1/22).

Acara Tulude di Gereja KGPM mesias Ranomuut berlangsung meriah, dimulai dengan upacara pemotongan Tamo yang disaksikan oleh seluruh pimpinan dan jemaat, irama musik yang disertai tarian khas suku Sangihe menjadi bumbu utama dalam acara tersebut. Dengan mayoritas jemaat berasal dari suku Sangihe, semua yang hadir ditempat itu larut dalam kegembiraan dibalut nuansa kekeluargaan.

 

Junius Kaligis mengatakan, Maksud dan tujuan pelaksanaan acara adat ini yaitu sebagai media bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah kehidupan di tahun yang lalu dan menerima kehidupan di tahun yang baru serta selalu dalam peryetaan dan lindunganya.

“Kami warga KGPM baru pertama kali menggelar acara adat Tulude ini, secara spontanitas saja tanpa adanya rencana dari jauh hari. Maksud dari acara ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai budaya tradisional dalam lingkungan keagamaan”, ujar Kaligis.

Calon wakil rakyat dari partai Golkar untuk dapil Paal Dua-Tikala itu menambahkan, kalau nilai-nilai budaya harus di ingat serta dijaga dengan baik. “Kita sebagai generasi muda penerus bangsa, patutlah menjaga sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya yang diwariskan leluhur kita, Jangan sampai dengan adanya kecanggihan teknolgi seperti sekarang ini lantas budaya-budaya dulu kita lupakan begitu saja”, tutupnya.
(Irv)

 

Related posts