Meyti Vanda Paat Punya Treatmen yang Wajib Untuk Anak Berkebutuhan khusus 

MANADO,megamanado – Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik.

Menurut Meyti Vanda Paat SpSi, anak-anak seperti ini perlu mendapat perlakuan khusus.

Dia mengungkapkan, berdasarkan pengalaman penelitian yang dilakukan, anak-anak berkebutuhan khusus bisa disembuhkan dengan treatmen progresif. Contoh kasus saat dia menangani anak ‘Spech Delay’.

“Speech delay pada anak memang menjadi momok bagi para orang tua. Apalagi, di era digital yang apa-apa semuanya serba gadget. Bila anak terlambat bicara, ia akan sulit mengekspresikan dirinya, yang akhirnya bisa memicu rasa stres hingga berujung pada gangguan psikologis dan perkembangan,” terangnya, Jumat (19/01).

Selama bertahun-tahun biasanya, orang tua akan mulai bertanya-tanya saat usia anak mencapai 1,5 tahun. Kenapa, ya anakku masih belum lancar berbicara?

Apabila anak mengalami speech delay tipe reseptif, maka orang tua perlu lebih sabar dan lebih lembut dalam menghadapi buah hatinya. Namun bila ternyata yang dialami adalah speech delay tipe ekspresif, maka disarankan orang tua lebih tegas mengajak anak untuk lebih aktif berbicara.

“Banyak orang tua tidak tahu menghadapi buah hati seperti ini,” ujar Meyti yang saat ini sebagai Kepala TK Negeri 10 Manado.

Terkait masalah ini sebagai tenaga pendidik dia sudah memiliki solusi yakni, mengajarkan fokus kepada anak serta melatih mulut anak untuk terbuka normal. Beberapa treatment yang dilakukannya antara lain melatih kemampuan untuk berkonsentrasi diibaratkan seperti otot yang harus terus dilatih agar semakin kuat. Beberapa cara untuk melatih fokus dan konsentrasi anak adalah:

1. Beri instruksi kepadanya satu persatu. Jangan berikan berbagai instruksi sekaligus.

2. Bacakan cerita untuk anak. Hal sederhana ini mendorongnya untuk mendengarkan Bunda dan berkonsentrasi pada cerita yang Bunda bacakan.

3. Dukung dia untuk melakukan hal yang disukai Bila ingin suatu hal, maka dia akan lebih mampu untuk berkonsentrasi pada hal tersebut.

4. Saat anak sedang melakukan suatu hal, hindari gangguan yang bisa mengalihkan perhatian si kecil, seperti TV atau telepon genggam.

5. Puji kemampuan si kecil setelah dia berhasil melakukan instruksi yang Bunda berikan.

” Namun yang tidak kalah penting adalah melatih kemampuan anak berbicara dan itu harus dituntun dengan telaten. Karena metode ini sudah dilakukan saya dan buktinya sangat berhasil,” pungkasnya. (cie)

Related posts