Bicara Kualitas Figur untuk DPR RI, Tommy Rondonuwu Sodorkan Nama Jerry Sambuaga

Jerry Sambuaga dan Tommy J. Rondonuwu (Foto: dok Tommy)

Bitung, megamanado-Panglima Besar Brigade Waraney Malesung Sulawesi Utara (Sulut) Tommy J. Rondonuwu menyampaikan kebanggaan dan kekagumannya atas kiprah Jerry Sambuaga di pusat. Pria asal Bitung itu menilai Jerry sudah mengangkat nama baik Sulut lewat kinerja dan prestasinya.

“Tiga kali pergantian menteri perdagangan, kinerja Jerry sambuaga sebagai wakil menteri perdagangan (Wamendag) tetap ciamik. Ia sukses menyelesaikan puluhan perjanjian dagang internasional lebih cepat dari waktu yang diberikan Presiden Jokowi. Jerry juga berhasil membawa neraca perdagangan Indonesia surplus selama 41 bulan berturut-turut,” kata Tommy saat ditemui di Bitung, Jumat (8/12/2023).

Read More
Topang dan doakan Jerry Sambuaga, warga Minut dan Bitung kompak kumandangkan salam dua jari (Foto: dok Enal)

Tommy tahu karena performa Jerry di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin yang luar biasa itu terangkat di media-media nasional. “Kebetulan pula Jerry pernah mampir ke rumah saya saat kunjungan ke Sulut. Kami berdikusi banyak, jadi tahu kapasitas dan kemampuannya. Walau pintar dan berprestasi, ia tetap rendah hati. Ia ramah kepada semua orang,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi upaya mantan fungfsionaris DPP KNPI itu menghadirkan pasar tradisional yang representatif di berbagai wilayah. Salah satunya menurut Tommy adalah Pasar Tematik Bunaken dengan anggaran Rp75 miliar.

“Ia membawa hampir Rp100 miliar untuk perbaikan dan revitalisasi  pasar tradisional di Sulut. Termasuk juga menghadirkan puluhan gerobak buat pedagang kecil dan menengah di Kota Bitung,” ucap Pangbes, sapaan akrab Tommy.

Maka itu, pria yang membacakan deklarasi damai dua kelompok di Bitung belum lama ini mengaku gembira saat mengetahui Ketua DPP Golkar dan Ketua Umum DPP AMPI itu kembali  maju DPR RI dari Dapil Sulut. “Sulut punya figur berkualitas di DPR RI nanti. Sebagaimana ia sukses di eksekutif, begitu pula ia akan berhasil menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat di legislatif nanti. Ia aset berharga Sulut di pusat. Jerry jaminan mutu, pas kalau kembali ke DPR RI,”katanya.

Tommy optimistis doktor termuda ilmu politik dari Universitas Indonesia (UI) itu bisa mengemban amanah masyarakat Sulut dengan baik. “Selain pintar dan profesional, ia juga figur bersih. Itu sebabnya ia menuai sokongan dari masyarakat Bitung dan kabupaten/kota lainnya di Sulut,” ujarnya.

Diketahui Jerry kembali dicalonkan Golkar dari Dapil Sulut. Untuk calon DPR RI, politisi muda dengan rekam jejak gemilang itu mendapat nomor urut 2 dari partainya.(*/nji)

Related posts