Winda Kaunang Ajak Guru Profesional Berbagi Praktik Baik di Hotel Grand Puri

MANADO,megamanado – Para guru dan Kepala Sekolah TK PAUD mengikuti kegiatan, Berbagi Praktik Baik Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD di Hotel Grand Puri Manado Kamis (07/12).

Kepala Seksie Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Manado Winda Kaunang SPd, menjelaskan, Kurikulum Merdeka fokus pada tiga aspek utama, yaitu pengembangan karakter, materi esensial, dan kompetensi siswa. Ketiga aspek tersebut sudah dikembangkan pada pendidikan negara-negara maju.

Jika dapat diterapkan oleh guru-guru di Indonesia, maka akan mampu mengejar ketertinggalan dari negara-negara lainnya. Tentunya hal ini menjadi PR besar bagi para praktisi pendidikan, karena harus mampu merubah pola pembelajaran yang selama ini sudah mendarah daging agar sesuai dengan harapan Kurikulum Merdeka. Olehnya dengan kegiatan ini diharapkan para guru profesional bisa membagikan metode mengajar mereka ke sesama Kepala Sekolah.

“Para guru dan Kepala Sekolah yang memberikan materi saat ini adalah mereka yang sudah mengikuti berbagai pelatihan dan selanjutnya dipraktekkan di sekolah dan dibagi kepada sesama guru dan Kepala Sekolah.

”Materi yang diberi berasal dari guru dan Kepala Sekolah yang sudah profesional,” terangnya.

Membagikan praktik baik pembelajaran, memberi dampak positif bagi peningkatan kompetensi guru yang bersangkutan. Guru tersebut akan berupaya untuk terus melakukan pembelajaran yang baik. Menjadi motivasi baginya untuk mencari pengetahuan agar kualitas pembelajarannya meningkat.

“Bagi orang lain, praktik baik yang dibagikan menjadi inspirasi baginya untuk melaksanakan pembelajaran seperti yang dicontohkan. Mengetahui bahwa orang lain mampu membagikan praktik baik pembelajarannya, menunjukkan bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang mudah dilakukan. Maka sangat mungkin akan memicunya untuk juga melakukan pembelajaran yang baik kemudian membagikan praktik baiknya tersebut,” (cie)

Related posts