Diperlukan Pembangunan Pendidikan Dalam Perspektif Masa Depan Untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia Tahun 2045

MANADO,megamanado – Menurut Kepala SDN 47 Manado, Dr Olga Wahani, perlindungan anak merupakan amanat negara yang tercantum di dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak serta diterbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2021 guna menyelenggarakan perlindungan anak secara khusus.

“Peran guru sangat penting dalam membimbing dan menjadi panutan bagi para siswa agar sejak dini mereka dipersiapkan untuk tidak terjerumus pada hal-hal negatif yang merugikan masa depan anak,” terangnya Sabtu (25/11).

Dalam rangka menyiapkan Indonesia emas 2045 diperlukan pembangunan pendidikan dalam perspektif masa depan. Keberhasilan dalam membangun pendidikan akan memberikan kontribusi besar pada pencapaian tujuan pembangunan nasional secara keseluruhan.

Pendidikan berperan penting untuk menciptakan generasi emas Indonesia. Adapun pendidikan yang berkualitas adalah mengharuskan guru agar mampu mendesain kegiatan pembelajaran yang berkualitas dengan implementasi yang kreatif, inovatif, dan inspiratif untuk menyongsong generasi emas Indonesia Tahun 2045.

Guru menjadi salah satu dan yang utama dalam menciptakan keberhasilan sumber daya manusia yang tidak hanya produktif tetapi juga berkarakter.

Guru juga harus professional dalam mengembangkan sistem kurikulum sekolah menjadi kurikulum yang fleksibel, dinamis, serta edukatif agar dapat dijadikan sebagai pengalaman belajar, program pembelajaran, Salah satunya melalui pengunaan kurikulum merdeka.

“Kurikulum merdeka dimaknai sebagai desain pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dengan tenang, santai, menyenangkan, bebas stres dan bebas tekanan, untuk menunjukkan bakat alaminya. Merdeka belajar berfokus pada kebebasan dan pemikiran kreatif.” (cie)

Related posts