Diikuti Pelajar SD-SMP se-Asia, Maurits Mantiri Buka Olimpiade Sains dan Matematika

Pembukaan Olimpiade Sains dan Matematika tingkat Asia yang dilaksanakan di Kota Bitung.

 

Read More

Bitung, megamanado- Walikota Bitung Maurits Mantiri membuka pelaksanaan Asian Science & Mathematics Olympiad for Primary and Secondary Schools atau disingkat ASMOPSS. Pembukaan digelar di Ruang SH Sarundajang, Kantor Walikota Bitung pada Kamis (16/11/2023) pagi.

 

Seperti diketahui, Kota Bitung sejak beberapa waktu lalu ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan ASMOPSS atau Olimpiade Sains dan Matematika tingkat Asia. ASMOPSS di Bitung adalah penyelenggaraan yang ke-13 sejak pertama kali diadakan tahun 2011 silam.

 

ASMOPSS di Bitung diikuti pelajar SD dan SMP yang berasal dari 10 negara di asia. Delapan diantaranya hadir langsung di Kota Cakalang, yakni Thailand, Malaysia, Kamboja, Filipina, Hong Kong, Tajikistan, Vietnam dan Indonesia selaku tuan rumah. Sementara, peserta dari dua negara hadir secara daring, yaitu Singapura dan Turkmenistan.

 

Dalam sambutannya Maurits Mantiri mengaku sangat senang menyambut seluruh peserta ASMOPSS. Ia juga mengungkapkan rasa bangganya atas kemampuan Bitung menjadi tuan rumah iven internasional semacam ini.

 

Peserta dari Filipina berfoto bersama di atas panggung.

 

“Kami menyambut dengan penuh sukacita kedatangan peserta Olimpiade Sains dan Matematika tingkat Asia. Bagi kami ini sebuah pencapaian yang besar karena membawa nama negara selaku tuan rumah,” ujarnya.

 

Maurits berharap selama di sini seluruh peserta bisa nyaman mengikuti pelaksanaan ASMOPSS. Pihaknya sebagai tuan rumah akan berusaha memberikan yang terbaik agar ada kesan positif selama kegiatan berlangsung. Karena itu, ia mengajak mereka tak cuma datang untuk berlomba, tapi juga menikmati potensi Kota Bitung di berbagai bidang.

 

Hadir dalam acara pembukaan antara lain, Presiden ASMOPSS Munasprianto Ramli, Sekretaris Daerah Bitung Rudy Theno, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bitung Fonny Tumundo. Acara pembukaan turut dimeriahkan dengan defile layaknya kegiatan olimpiade pada umumnya.

 

Pelaksanaan ASMOPSS akan berlangsung hingga Sabtu (18/11/2023) lusa. Ratusan peserta mengikuti perlombaan di SMP Negeri 2 Bitung yang ditunjuk sebagai venue. Penunjukan sekolah tersebut sebagai lokasi lomba didasari penilaian tim surveior dari Presidium ASMOPSS.(bds)

Related posts