SMK Negeri Tabukan Utara jalin kerjasama di bidang Vokasi dengan BPPP Tumumpa”

MANADO, megamanado – Bertempat di Balai Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa Manado, pada Senin, 30/10 telah dilaksanakan penantanganan perjanjian Kerjasama (PKS) Nomor: 14.001/PKS/X/2023 antara SMK Negeri Tabukan Utara bersama Balai Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa.

Hadir dalam acara penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) dari SMK Negeri Tabukan Utara selaku Pihak Pertama Kepala Sekolah Jevery Paat, S.Pd. bersama Margaretha Janis, S.Pd Wakasek Bidang Kurikulum dan Ketenagaan sebagai Saksi Pihak Pertama, dan Kepala Balai Pengelola Pelabuhan Perikanan Tumumpa selaku Pihak Kedua yang diwakili oleh Kepala Seksi Tata Kelola dan Pelayanan Usaha Bpk. Ronald N. B. Tambeo, S.Pi. sebagai saksi pihak kedua didampingi oleh Ibu. Mauuren Tangkudung, S.IK.

 

Paat, mengatakan bahwa dalam melaksanakan implementasi Pendidikan vokasi butuh aksi dan relasi sehingga Sekolah perlu berbenah dan menjemput bola dalam memainkan perannya sebagai Lembaga Pendidikan Kejuruan berbasis Vokasi, yang daya gunanya sebagai perpanjangan tangan dalam melayani Masyarakat di bidang Pendidikan.

“Hal ini kami mulai dengan menjalin komunikasi dengan pihak Dunia Usaha Dunia Industri selaku instansi/stakeholder sesuai dengan bidang keahlian yang ada di SMK Negeri Tabukan Utara, dengan mengacu pada regulasi yang ada maka terdapat beberapa indikator pengembangan kerjasama antara dunia pendidikan dan stakeholder yang tertuang dalam PKS” terangnya.

Adapun PKS sebagai berikut:

Pengembangan/sinkronisasi kurikulum.

Pelatihan Guru Produktif/Kejuruan/Bidang Keahlian.

Praktik Kerja Lapangan Yang Dikembangkan Bersama.

Pelaksanaan Teaching Factory dengan mengundang Guru/Instruktur dari IDUKA (Industri Dunia Kerja).

Analisis dan/atau Benchmarking dengan IDUKA (Industri Dunia Kerja).

Komitmen Dukungan Keterserapan Lulusan. Dengan mengacu pada beberapa pasal yang menjadi isi dari naskah perjanjian kerjasama (PKS) serta dengan adanya komitmen dari kedua belah pihak, diharapkan keharmonisan antara instansi/stakeholder dan Dunia SMK melalui Pendidikan vokasi dapat menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten guna mengisi tatanan kehidupan global di masa yang akan datang, sehingga Kerjasama ini akan terus terjalin dengan baik. (cie)

 

 

Related posts