Tiga Bulan Tinggalkan Sekolah, Kepala SMKN Tabukan Utara Jemput Siswa yang Sukses Laksanakan PKL di BPPP Tumumpa

MANADO,megamnado – Rawut Wajah gembira bercampur haru, nampak terlihat kepada siswa Kelas XII. Alasannya sudah 3 bulan (Juli-Oktober 2023) mereka berada di lokasi pelaksanaan PKL. Karena sejak bulan Juli lalu mereka dihentar oleh Bapak/Ibu Guru meninggalkan Sekolah tempat menuntut ilmu, guna untuk melaksanakan program Vokasi yaitu praktik kerja lapangan (PKL).

Kepala Sekolah Jevery Paat SPd, menjelaskan, penarikan siswa PKL berdasarkan surat Nomor: 421/SMKNTABUT/171/2023 tanggal, 13 Oktober 2023 perihal Pemberitahuan kepada Kepala Kantor UPTD Balai Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa untuk penarikan siswa yang melaksanakan PKL.

“Perlu diketahui bahwa ada sekitar puluhan siswa yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan dari program keahlian NKPI dan TKPI di BPPP Provinsi Sulawesi Utara di Tumumpa Kota Manado,” terangnya.

Oleh sebab itu, Senin, 30 Oktober 2023 bertempat di Aula Terbuka BPPP Tumumpa dilaksanakan upacara penarikan kembali siswa peserta Praktik Kerja Lapangan yang di hadiri oleh perwakilan dari UPTD Balai Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa Ronald N. B. Tambeo, S.Pi. Kepala Seksi Tata Kelola dan Pelayanan Usaha bersama Mauuren Tangkudung, S.IK. serta Frans J. Laurens Syahbandar Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa.

“Harapan kami dari pihak BPPP Tumumpa agar adik-adik siswa dapat menyelesaikan studi bahkan jika berkenan lanjut sampai ke jenjang perguruan tinggi pada kompetensi keilmuan kemaritiman kelautan perikanan,” Ronald dalam arahannya.

Ditempat yang sama, Syahbandar, Frans Laurens minta agar para siswa menjaga kedisiplinan dan karakter.

“Adik-adik siswa perlu dimatangkan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja nyata karena prinsip hidup di dunia kerja tentunya berbeda dengan pola yang adik-adik siswa dapatkan dari Sekolah,” pesannya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri Tabukan Utara pun pada kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan Balai Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa dan Pihak Syahbandar yang sudah mendidik siswa.

“Kami mengucapkan terimakasih karena sudah mendidik siswa melaksanakan Praktik Kerja Lapangan selama 3 bulan, dengan berbagai dinamika yang dapat dijadikan pelajaran berarti bagi kelangsungan Pendidikan Vokasi secara khusus demi masa depan anak-anak bangsa yang ada di Kepulauan Sangihe,” ucapnya.

Sementara itu, menutup rangkaian upacara penarikan siswa PKL, pihak Sekolah memberikan reward kepada BPPP dan Syahbandar berupa piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala Sekolah didampingi oleh Ibu. Margaretha Janis, S.Pd Wakasek Kurikulum dan Ketenagaan, dan kegiatan diakhiri dengan foto bersama. (cie)

 

Related posts