Penghargaan UKM Award 2023, Begini Pesan Wamendag Jerry Sambuaga ke Sepuluh Pemenang

Wamendag Jerry Sambuaga memberikan pesan sebelum menyerahkan hadiah ke para pemenang UKM Pangan Award 2023 (Foto: dok Kemendag)

Tangerang, megamanado-Sepuluh pengusaha usaha kecil dan menengah (UKM) menerima penghargaan dari Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, Kamis (19/10/2023). Kesepuluh pengusaha itu berasal dari berbagai daerah. Mereka menjadi pemenang UKM Pangan Award 2023.

Penganugerahan tersebut dilangsungkan di sela-sela penyelenggaraan Pangan Nusa 2023 dalam gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38. Wamendag Jerry berharap, penghargaan UKM Pangan Award 2023 dapat mendorong pelaku UKM meningkatkan daya saing serta kapasitas usahanya.

Wamendag Jerry Sambuaga foto bersama pemenang UKM Pangan Award (Foto: dok Kemendag)

Penghargaan ini juga menjadi bukti perhatian Kementerian Perdagangan pada pelaku UKM yang berkreasi dan berinovasi menghasilkan produk pangan yang berkualitas. “Kami berharap pelaku usaha terus meningkatkan kapasitas usahanya. Kami juga berharap pelaku usaha dapat memanfaatkan fasilitas dan akses program pendampingan, serta pelatihan dari Kementerian Perdagangan,” ujar Jerry.

Penyelenggaraan UKM Pangan Award 2023 ini mendapat dukungan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Danone Indonesia. Setiap pemenang mendapatkan dana pembinaan dari BRI senilai Rp7,5 juta dan dari Danone Indonesia sebesar Rp10 juta. Wamendag Jerry membuka kesempatan bagi para pelaku usaha yang ingin menyampaikan kendala dalam memulai usaha.

“Kalau ada hambatan, sampaikan kepada kami. Tetap semangat dan teruskan apa yang sudah dilakukan. Jangan lupa, konsistensi harus menjadi prioritas,” tutur Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry Sambuaga menyerahkan hadiah ke salah satu pemenang (Foto: dok Kemendag)

Wamendag Jerry juga menambahkan, pelaksanaan pameran Pangan Nusa 2023 dapat menjadi ajang promosi bagi pelaku usaha kuliner dan meningkatkan akses pasar. Hal ini karena penyelenggaraannya bersamaan dengan TEI ke-38 yang dihadiri buyer luar negeri.

“Selamat dan sukses kepada para pemenang UKM Pangan Award 2023. Semoga usaha Bapak dan Ibu semakin berkembang dan meluas pemasarannya baik di dalam, maupun di luar negeri,” kata Jerry.

Kegiatan ini menurut pejabat milenial asal Sulawesi Utara (Sulut) itu bisa menjadi media promosi dan peningkatan akses pasar yang krusial mengingat pelaksanaannya bersamaan dengan Trade Expo Indonesia. “Ini adalah momentum untuk mempromosikan kuliner Indonesia ke kancah dunia. Tentunya, melalui para buyer luar negeri yang hadir di gelaran TEI ke-38 saat ini. Peluang ini harus kita manfaatkanuntuk turut meningkatkan ekspor,” ujar Ketua DPP Golkar dan KKetua Umum DPP AMPI itu.

Terdapat lima kategori produk yang dilombakan pada UKM Pangan Award 2023, yaitu Produk Bumbu Masakan/Bumbu Dapur, Produk Makanan Camilan, Produk Makanan Kemasan Siap Saji, Produk Minuman Kemasan, dan Kategori Khusus (Inovasi Produk Unggulan Daerah). Total pendaftar sebanyak 1.134 pelaku UKM dari 31 provinsi se-Indonesia dengan 723 produk. Dari hasil penjurian tahap pertama, diperoleh 69 produk dari 47 pelaku UKM. Selanjutnya, pada penjurian tahap kedua, ditentukan 10 pemenang dari 5 kategori produk.(*/nji)

Related posts