Ada Prabowo Subianto dan Pimpinan Gerindra, Airlangga Perkenalkan Pimpinan Golkar Under 40 Jerry Sambuaga

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) dan Ketua Umum DPP AMPI Jerry Sambuaga (Foto: ist)

Jakarta, megamanado.com-Golkar salah satu partai tertua di Indonesia. Meski begitu, partai berlambang pohon beringin ini punya sejumlah kader muda potensial. Salah satu kader muda potensial dan berprestasi itu adalah Jerry Sambuaga.

Politisi milenial dengan rekam jejak gemilang itu diperkenalkan langsung Airlangga Hartarto selaku Ketua Umum Partai Golkar di depan Calon Presiden (Capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto. Perkenalan tersebut dilakukan saat syukuran Partai Golkar ke-59 di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Barat, Jumat (20/10/2023). Pabowo hadir bersama sejumlah pengurus Gerindra.

Read More

“Pak Prabowo kemarin kami terima PSI, partai yang dipimpin oleh Mas Kaesang. Saat itu saya memperkenalkan anggota Partai Golkar under 40. Silakan under 40 berdiri,” kata Airlangga.

Presiden Jokowi menyalami Menteri Koordinator Airlangga Hartarto dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (Foto: ist)

Menteri Koordinator Ekonomi itu kemudian memperkenalkan Jerry Sambuaga. “Nah pimpinan Golkar under 40 ini Mas Jerry Sambuaga. Ia juga menjabat Wakil Menteri Perdagangan di bawah 40 tahun,” ujar Airlangga.

Di struktur partai, Jerry salah satu Ketua DPP Golkar. Pria yang juga pernah mengajar di UI, Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan Universitas Pelita Harapan (UPH) ini juga dipercaya memimpin DPP AMPI.

Alumnus S1 dan S2 perguruan tinggi ternama dari Amerika Serikat serta doktor politik termuda dari Universitas Indonesia (UI) ini sedang menjabat Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI.

Di usianya yang terbilang muda, Jerry sukses mengemban amanah yang dipercayakan kepadanya.  Anggota Dewan Pakar DPP KKK dan Wakil Ketua Dewan Pakar DPP GPPMP ini membawa neraca perdagangan Indonesia surplus 40 bulan berturut-turut. Ia juga berhasil menyelesaikan sejumlah perdagangan internasional lebih cepat dari target yang diberikan Presiden Jokowi.

Karena kinerjanya yang gemilang, Golkar mendorong Jerry untuk maju DPR RI di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Wakil Ketua MPO Purna Paskibraka Indonesia (PPI) itu maju dari Dapil Sulut.

Selain Jerry, Airlangga juga mengenalkan Dico Ganinduto yang menjadi Bupati Kendal di usia muda. Airlangga pun tak lupa menyebut nama Putri Komarudin anggota DPR RI yang juga di bawah usia 40 tahun.

Menurut dia, Golkar banyak melahirkan pemimpin muda produktif dan potensial. “Walau partai tertua, Golkar punya sejumlah kader berprestasi di usia muda,” ucapnya.

Airlangga percaya kader-kader muda Golkar ini bisa memenangkan Gen-Z, milenial untuk Prabowo. “Jadi Golkar walaupun partainya senior, tapi kader mudanya banyak. Mereka sudah menunjukkan kontribusinya untuk kemajuan Indonesia,” ucapnya.

Airlangga kemudian meyakinkan Prabowoo jika mesin Partai Golkar siap bergerak untuk memenangkan kontestasi politik ke depan.  Ia  yakin Golkar dan partai koalisi bisa menang  di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Kita optimis dengan mesin partai yang kuat. Di Jabar, kita ada Pak Ridwan Kamil dan Pak Ace.  Pak Prabowo, Insyaallah, Jabar kita kunci. Di Jatim ada Pakde Karwo dan Mbak Khofifah. Insyaallah Jatim kita kuat dengan under 40. Jawa Tengah pun Insyaallah kita bisa rebut kembali. Jadi kita optimis kita akan menang,” pungkasnya. (*/nji)

Related posts