19 Siswa SD GMIM  07 Manado Ikut Gladi ANBK Selama 2 Hari

MANADO,megamanado – Luar biasa, tahun ini SD GMIM 07 Manado melaksanakan Asesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) selama 2 hari, 16-17 Oktober 2023.

Kepala Sekolah Helmy Koagouw SPd, menjelaskan sebanyak 19 siswa terdaftar untuk ikut dan mereka dibagi kedalam 2 sesi, rinciannya yaitu sesi pertama 10 siswa dan ke-2 sebanyak 9 siswa.

“Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program evaluasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan,” terangnya.

 

Lanjut, ANBK dilaksanakan dengan 3 instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. AKM digunakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).

Sementara survei karakter digunakan untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa.

“Survei lingkungan belajar untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan”. (cie)

Related posts