SMKN Tabukan Utara Lirik Peluang Bisnis Ikan Cakalang 

MANADO,megamanado – Perusahaan dari Jepang mengimpor ikan cakalang dari Indonesia untuk diproses menjadi bahan dasar masakan Jepang, katsuobushi. Katsuobushi merupakan makanan awetan dengan bahan dasar ikan cakalang yang diserut tipis seperti serutan kayu. Sementara ikan cakalang adalah lauk pauk daerah Sulawesi Utara, yang pengolahannya digoreng, dibakar dan dikukus atau dibuat abon.

Kepala SMKN Tabukan Utara, Jevry Paat SPd, menilai ini adalah peluang, karena itu dia sedang menata unit produksi pengolahan perikanan Bidang Keahlian Agribisnis Perikanan dengan mengembangkan potensi perikanan menjadi produk teaching factory.

“Produk Olahan Ikan Fufu (pengasapan ikan & fermentasi), dan olahan makanan kemasan berbahan dasar ikan (bakso, sosis, nuget ikan), itu sedang dipush,” bebernya Kamis (12/10)

Jevry Paat, dalam posisi ini tidak main-main, dirinya bahkan sudah mengatur semuanya menjadi progres jangka menengah. Pihaknya juga sudah mengandeng stakeholder, dalam hal ini Disnaker Kabupaten Sangihe, agar kedepan dapat memiliki link informasi terkait peluang kerja terpadu sesuai Bidang keahlian TKPI, NKPI, ABPi dan TJKT. “Ini progress jangka menengah yang tertuang dalam RKTJM SMKN Tabukan Utara berbasis manajerial kewirausahaan,” terangnya. (cie)

Related posts