Figur Muda Berprestasi, Warga Kepulauan Gembira setelah Tahu Jerry Diusung Kembali ke DPR RI

Jerry Sambuaga, Bacaleg Golkar untuk DPR RI dari Dapil Sulut (Foto: ist)

Nusa Utara, megamanado– Partai Golkar kembali mengusung Dr Jerry Sambuaga ke DPR RI di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Alumnus S1 dan S2 dari perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat dan doktor termuda ilmu politik dari Universitas Indonesia (UI) itu merupakan Bacaleg DPR RI Nomor Urut 2 Partai Golkar dari Dapil Sulut.

Keputusan Golkar itu rupanya selaras dengan harapan masyarakat Sulut. Ribuan warga Nusa Utara menyampaikan kegembiraan setelah tahu politisi yang pernah didapuk Forum Pemantau Parlemen (FPP) sebagai Legislator Terbaik Senayan 2019 kembali dicalonkan Golkar ke DPR RI.

Read More
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dengan pakaian adat Minahasa di istana bersama istri (Foto: dok JS)

“Jerry itu figur terpercaya dan berprestasi. Prestasinya mentereng walau masih muda. Ia juga selalu all-out berjuang untuk Sulut, termasuk memperjuangkan aspirasi masyarakat kepulauan yang meliputi Sitaro, Sangihe dan Talaud,” kata Melky Polohindang, salah satu aktivis pemuda Sangihe saat dihubungi Selasa (9/10/2023).

Ia mencontohkan perjuangan Jerry saat duduk di Komisi 1 DPR RI periode 2014-2019. “Saat Komisi 1 DPR RI hearing dengan Menkominfo, Bapak Rudiantara pada pertengahan 2018 lalu, Bung Jerry memperjuangkan ketersediaan jaringan internet untuk wilayah kepulauan. Ia menyampaikan itu setelah mendengar keluhan langsung dari masyarakat kepulauan betapa sulitnya mendapat akses internet,” Melky berkisah.

Permintaan pria yang pernah mengajar di Universitas Indonesia (UI), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan Universitas Pelita Harapan (UPH) tersebut menurut Melky terjawab. “Pemerintah pusat dan pemerintah daerah bergerak cepat mewujudkan pembangunan konektivitas Palapa Ring Paket Tengah di Tahuna. Menteri Kominfo, Bapak Rudiantara dan Gubernur Sulut, Bapak Olly Dondokambey di awal tahun 2019 datang ke Tahuna dan mencoba pemanfaatan akses internet tersebut. Ini salah satu perjuangan Bung Jerry,” ujar Melky.

Kini ketersediaan internet cukup baik di wilayah kepulauan. Makanya ribuan warga kepulauan menurut Melky lega setelah tahu Ketua DPP Golkar yang juga Ketua Umum DPP AMPI itu maju kembali ke DPR RI pada Pileg 2024. “Mereka bilang sudah ada figur untuk DPR RI. Figur itu adalah Bung Jerry Sambuaga,” ucapnya.

Pernyataan Melky dibenarkan sejumlah mahasiswa asal Nusa Utara di Manado. Mereka tak ragu mendukung Anggota Dewan Pakar DPP KKK dan Wakil Dewan Pakar DPP GPPMP itu karena sudah menunjukkan kontribusinya bagi kemajuan Sulut, termasuk daerah kepulauan.

“Tak hanya pintar, Bung Jerry komitmen dengan janjinya. Ia layak diandalkan di DPR RI,” ujar Maria Firmina asal Sitaro.

Dengan kinerja cemerlang selama empat tahun menjabat Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, antara lain sukses membuat neraca perdagangan Indonesia surplus selama 40 bulan berturut-turut, dukungan terhadap Wakil Ketua MPO Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sulut itu makin mengalir. Apalagi sebagai putra Sulut,  mantan Ketua Ikatan Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta (IPPMJ) ini berhasil menggolkan Rp90 miliar lebih untuk pembangunan dan revitalisasi pasar di Sulut.  (*/nji)

Related posts