Eliminasi Black Campaign Kelapa Sawit dan Perkuat Soliditas CPOC, Jerry Sambuaga Sukses Emban Tugas sebagai Ketua Delegasi Indonesia

banner 468x60

Loading

Jakarta, megamanado-Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dr Jerry Sambuaga berhasil menjalankan tugasnya sebagai Ketua Delegasi Indonesia pada pertemuan Dewan Negara-Negara Produsen Minyak Kelapa Sawit atau Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) di Mumbai India, 27-29 September 2023.

Read More
banner 300x250

Keberadaan Ketua DPP Golkar itu mampu memperkuat soliditas CPOC dan berhasil meluruskan kampanye hitam kelapa sawit. Ia mengajak  negara-negara produsen untuk mengeliminasi black campaign dengan terus mempromosikan manfaat kelapa sawit ke masyarakat dunia.

Wamendag Jerry Sambuaga di hadapan ratusan pengusaha India (Foto: dok Kemendag)

Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR RI Nomor Urut 2 Partai  Golkar dari Dapil Sulut ini  menekankan pentingnya kolaborasi dalam menghadapi kampanye hitam dan diskriminasi terhadap industri kelapa sawit, termasuk pemberlakuan European Union Deforestation-free Regulation (EUDR). “Kampanye negatif kelapa sawit harus dihentikan kampanye negatif kelapa sawit harus dihentikan. Saya perlu mememberikan informasi faktual tentang praktik sawit yang berkelanjutan dan menjelaskan kontribusi industri sawit untuk pembangunan berkelanjutan,” kata Jerry saat didapuk membawakan sambutan pada perhelatan Globoil India 2023 yang menjadi rangkaian penutupan kegiatan Misi Berama  CPOC, Jumat (29/9/2023).

Kalangan pengusaha India serius mendengar pemaparan Wamendag Jerry Sambuaga soal kelapa sawit (Foto; dok Kemendag)

Pria yang pernah mengajar di Universitas Indonesia (UI), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan Universitas Pelita Harapan (UPH) ini juga  memukau kalangan pengusaha India di acara The Solvent Extractors’ Association of India – Annual General Meeting (SEA AGM), Kamis (28/9//2023). “India mitra yang strategis bagi Indonesia,” ujar Jerry di hadapan ratusan pengusaha India.

Bahkan tak hanya Indonesia, Jerry Sambuaga berharap negara-negara produsen  kelapa sawit membangun komunikasi dan kolaborasi dengan India. Hal ini penting menurut Anggota Dewan Pakar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) ini untuk memastikan akses pasar yang berkelanjutan dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Wamendag Jerry Sambuaga (tengah) bersama perwakilan India dan Malaysia usai sesi jumpa pers (Foto: dok Kemendag)

“Saya kira negara-negara produsen kelapa sawit perlu membangun komunikasi dan kolaborasi dengan India. Keterlibatan proaktif dengan negara konsumen minyak nabati terbesar di dunia seperti India merupakan upaya untuk mempertahankan kehadiran pasar yang kuat di Asia Selatan,” kata Wakil Ketua MPO Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sulut ini.

Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR RI Nomor Urut 2 Partai  Golkar berharap kalangan pengusaha India dapat memanfaatkan minyak nabati dengan baik. “Indonesia akan berupaya menjaga stabilitas permintaan minyak kelapa sawit dan  memenuhi kebutuhan konsumen, sekaligus berkontribusi menjagaa keamanan pangan global,” ucap mantan Ketua Umum Ikatan Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta (IPPMJ) ini. (*/nji)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60