Terima Kasih Wamendag Jerry Sambuaga, Buyer Asal Malaysia Bawa Pulang Produk UMKM Sulut

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (tengah) bersama dua coach UMKM, Eriklex Donald dan Iera Khairini (Foto: dok Erik/Kemendag)
banner 468x60

Loading

Manado, megamanado-Produk-produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sulawesi Utara  (Sulut) bakal  merambah Malaysia. Titik terang produk-produk Sulut akan masuk ke negeri tetangga itu disampaikan coach senior dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) Eriklex Donald Sahusilawane.

Read More
banner 300x250

“Buyer asal Malaysia Khairish Hashim tertarik dengan produk-produk UMKM Sulut. Ini sudah kita laporkan ke Wakil Menteri Perdagangan, Pak Jery Sambuaga. Sebagai putra Sulut, Pak Jerry ingin produk-produk UMKM dari daerah Nyiur Melambai bisa menembus pasar dunia,” kata Erik saat dihubungi Jumat, (22/9/2023).

Buyer dari Malaysia Khairish Hashim berdialaog dengan pelaku UMKM Sulut (Foto: dok Kemendag)

Menurut Erik, Khairish sudah mendengar presentasi langsung sejumlah produk UMKM Sulut, 18-19 September di Lagoon Hotel Manado. Pimpinan salah satu perusahaan ternama di Malaysia itu pun sudah mengunjungi beberapa tempat produksi untuk melihat langsung bahan dan cara pengolahan.

Pria asal Ambon ini menyebut semua produk yang sudah dipresentasikan dibawa Hashim ke negaranya. Di sana Hashim akan memperkenalkan produk-produk tersebut ke perusahaannya dan pasar Malaysia.

“Jika tak ada aral melintang, Oktober 2023, Khairish akan membawa satu container produk UMKM Sulut ke Malaysia. Soal rasa dan komposisi menunya tentu sangat menentukan. Produk-produk tersebut akan langsung dibeli,” Erik memaparkan.

Ia berharap keseriusan pembeli dari negeri Jiran tersebut memicu semangat pelaku-pelaku UMKM Sulut. Pesan ini juga menurut Erik yang terus disampaikan Wamendag Jerry Sambuaga.

Coach Erikles Donald mendampingi pelaku UMKM Sulut untuk mempresentasikan produk-produk Sulut ke pembeli dari luar negeri melalui layanan zoom (Foto: dok Kemendag)

“Export Coach Program atau ECP menjadi perhatian serius Pak Jerry, terutama untuk Sulut. Karena Pak Jerry, pelatihan di Manado dihadiri  langsung Atase Perdagangaan RI  untuk Malaysia dan  buyer dari negeri tetangga. Jadi Pak Jerry menyiapkan jalur tol pemasaran untuk UMKM Sulut. Luar biasa perhatiannya untuk Sulut,” katanya.

Sejumlah pelaku UMKM menyampaikan terima kasih atas perhatian khusus Wamendag Jerry Sambuaga. Wakil Ketua MPO Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sulut itu menginginkan lahirnya exportir-exportir tangguh yang bisa mengangkat perekonomian Sulut dan Indonesia.

“Peserta dibimbing sampai mengerti, termasuk bagaimana membuat invoice, membuat kemasan dan cara pengolahan produk. Sebelumnya Pak Jery sudah membawa ratusan miliar rupiah untuk pembangunan dan revitalisasi pasar,” ujar ketua UMKM Servius Killis.

Para pelaku UMKM mengaku makin bersemangat karena buyer dari luar negeri datang langsung menjemput bola. “Selain Pak Hashim dari  Malaysia, kita juga terkoneksi melalui zoom dengan pembeli dari negara  lain dan langsung memperkenalkan produk kita. Terima kasih Pak Jerry Sambuaga dan Tim Kemendag,”  kata Mega Monalisa, pengusaha asal Bitung.

Servius dan kawan-kawan menilai Sulut beruntung punya Jerry Sambuaga di pusat. Selain perhatian untuk Sulut, Anggota Dewan Pakar Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) itu dianggap mengangkat citra Sulut dengan prestasi dan kinerjanya di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Karena itu mereka berharap Wakil Ketua Dewan Pakar GPPMP dan mantan Ketua Ikatan Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta (IPPMJ) itu terus berkiprah di pusat. “Ia aset Sulut di pusat,” ujar Servius lagi.

Diketahui, doktor termuda politik dari Universitas Indonesia itu diusung Partai Golkar kembali ke DPR RI. Namanya tercatat di nomor urut 2 bakal calon legislatif (Bacaleg) Golkar dari Dapil Sulut.  Dengan rekam jejaknya yang gemilang, ratusan ribu warga Sulut berharap Jerry bisa melenggang ke DPR RI untuk mengawal aspirassi masyarakat Nyiur Melambai di pusat.(*/nji)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60