Siswa SMKN 3 Manado Juara Lomba Memasak di Peringatan Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Utara

MANADO,megamanado – Upacara hari ulang tahun Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke 59 pada 23 September 2023 bakal digelar di Kawasan Pohon Kasih, Mega Mas, Manado, Sulut.

Namun kemeriahan acara sudah terlihat dengan dilaksanakannya berbagai lomba, salah satunya lomba memasak Cipta Resep Olahan Ikan di Ruang Mapalus Kantor Gubernur.

Menariknya lomba ini dimenangkan oleh SMKN 3 Manado, setelah mempresentasikan hasil masakan mereka kepada dewan juri.

Kepala Sekolah Selvya Ransulangi MM mengungkap, dia sangat bersyukur karena siswanya mampu meraih juara. Adapun salah satu alasan mereka juara dibebernya yakni, memiliki Jurusan Tata Boga.

“Tata Boga adalah ilmu seni mengelola masakan yang di dalamnya termasuk ruang lingkup makanan. Mulai dari persiapan, pengelolahan, hingga dengan tahapan menghidangkan makanan, baik makanan tradisional dan modern,” jelasnya.

Lanjut, di jurusan tata boga akan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan memasak, penyajian masakan, serta pemahaman yang komperhensif tentang kandungan gizi / nutrisi yang ada pada setiap masakan.

Dalam Tata Boga terdapat beberapa prinsip dan teknik dasar pengelolaan makanan. Diantaranya, yaitu blanching, poaching, boiling, steaming, braising, roasting & baking, grilling & broiling, pan frying, sauteing, deep frying, dan lain sebagainya. (cie)

Related posts