Wamendag Jerry Sambuaga Pastikan Masyarakat Terlindungi dalam Transaksi Aset Kripto

Wamendag Jerry Sambuaga saat menjadi pembicara utama pada Digital Growth Indonesia di Jakarta (Foto: dok Kemendag)

Jakarta, megamanado.com-Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menjadi pembicara utama pada Digital Growth Indonesia dengan tema “Perkembangan Blokchain dan Perdagangan Aset Kripto di Indonesia” yang diselenggarakan di The Langham, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Di kesempatan tersebut, politisi Golkar asal Sulut itu menegaskan adanya jaminan kepastian hukum dan perlindungan bagi masyarakat dari pemerintah dalam transaksi aset kripto. “Salah satu caranya yaitu dengan membentuk ekosistem perdagangan aset kripto di Indonesia,” ujar Jerry.

Read More

Menurut dia, kehadiran bursa aset kripto akan membuat transaksi menjadi lebih transparan. Hal tersebut disebabkan adanya pengawasan dan pencatatan transaksi pada ekosistem perdagangan fisik set kripto yang berjalan lebih efektif dan komprehensif.

Pertumbuhan nilai transaksi aset kripto pada periode 2022 menyentuh angka Rp306,4 triliun yang merupakan capaian tertinggi sejak aset kripto diatur di Indonesia. Sementara, perkembangan nilai transaksi perdagangan fisik aset kripto pada Agustus 2023 tercatat sebesar Rp10,64 triliun. Nilai tersebut naik 13,5 persen dari nilai transaksi pada bulan sebelumnya.

Wamendag berharap, ada wawasan dan ide-ide baru, serta kolaborasi yang terjalin antara pemerintah dan pelaku usaha, sehingga rantai blok (blokchain) dan perdagangan aset kripto dapat terus berkembang. (*/nji)

Related posts