Sekolah Harus Berpihak Pada Anak Agar Mereka Bahagia Untuk Belajar 

MANADO,megamanado – Salah satu indikator keberhasilan terwujudnya merdeka belajar adalah proses pendidikan yang berpihak pada siswa.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Wenang Rusti Manumpil SPd memaparkan,

Filosofi Ki Hajar Dewantara (KHD) banyak dipakai dalam proses pendidikan di Indonesia. Terlebih sekolah yang berpihak pada anak agar mereka bahagia belajar.

Sebab menurutnya, setiap anak memiliki kemerdekaan untuk belajar sesuai dengan keinginan dan kemampuan alamiah yang terbentuk dalam diri.

“Dalam pelaksanaannya, proses pendidikan harus berpusat pada anak dengan memberikan kemerdekaan kepada siswa untuk tumbuh dan berkembang. Untuk itu, guru dan orang tua harus terlibat dengan memperhatikan dan mendukung terhadap minat, bakat dan kemampuan masing-masing siswa,” terangnya.

Dalam proses pembelajaran, katanya, siswa bertindak sebagai subjek dan guru merupakan fasilitator yang memberikan motivasi. Munculnya potensi pada anak tergantung pada rangsangan yang diberikan guru dan orang tua. Oleh karena itu, dalam mendidik anak guru dan orang tua hendaknya selalu peduli dan menuntun dengan penuh kasih sayang. (cie)

 

 

 

Related posts