Rahman Manggopa Pantau Siswa SMPN 4 Manado Ikut ANBK di Hari Pertama

MANADO,megamanado – Dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman untuk belajar, Rahman Manggopa sudah melakukan langkah nyata dengan memulai dari hal terkecil seperti, menjalankan tata tertib kebersihan.

Imbasnya pada pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat SMP gelombang 20-21 September 2023. Para siswa nyaman saat menyelesaikan soal asesment karena kondisi lingkungan yang nyaman.

Kepala SMPN 4 Manado Rahman Manggopa MPd, mengatakan ada 45 siswa sedang mengikutinya dan mereka dibagi ke dalam 2 sesi.

“Sehari ada 2 sesi,  jadi sesi pertama 22 siswa dan sesi ke-2, 23 siswa,” terangnya.

Lanjut ada 3 bentuk penilaian dalam ANBK, antara lain, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) siswa. Selanjutnya, Survey Karakter

yaitu, mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter. Terakhir, Survey Lingkungan Belajar

yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan,” jelasnya.

Adapun tujuan ANBK adalah untuk program penilaian mutu pendidikan yang dilakukan di setiap jenjang pendidikan.

“Program ANBK bertujuan menghasilkan informasi akurat demi memperbaiki kualitas belajar-mengajar agar bisa meningkatkan hasil belajar murid,” pungkasnya. (cie)

Related posts