PPI Sulut Bangga atas Pencapaian Jerry Sambuaga di Level Nasional

Presiden Jokowi menyalami Menteri Koordinator Airlangga Hartarto dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (Foto: ist)

Manado, megamanado-Pencapaian luar biasa Jerry Sambuaga di level nasional diapresiasi berbagai kalangan. Setelah PDK Kosgoro 1957dan sejumlah akademisi, kini giliran pengurus Purna Kaskibraka Indonesia (PPI) Sulut yang mengutarakan kebanggaan sekaligus doa buat politisi Golkar yang saat ini menjabat Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI itu.

“Masih muda, tapi Jerry sukses membuktikan kualitasnya dengan menyelesaikan tugas khusus dari Presiden Jokowi.  Kami PPI Sulut bangga atas kerja keras dan performanya yang meyakinkan di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Ia salah satu purna paskibraka yang punya reputasi dan kinerja mentereng di level nasional,” kata Ketua PPI Sulut, Hendro Kawatak kepada wartawan di Manado, Senin (11/9/2023).

Read More
PPI Sulut di bawah pimpinan Henro Kawatak berbagi kasih di beberapa wilayah tahun lalu (Foto: ist)

Henro rupanya tak lupa saat Jokowi memperkenalkan pria yang menyelesaikan pendidikan S1 dan S2-nya pada perguruan tinggi ternama di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat  itu. Jerry diperkenalkan usai dilantik sebagai Wamendag pada akhir Oktober 2018.

Ketika itu Jokowi menurut dia menyampaikan keyakinannya jika Jerry pasti bisa menyelesaikan perundingan dan perjanjian internasional  dengan baik. “Benar saja, Jerry mampu menyelesaikan itu lebih cepat dari target yang diberikan Pak Jokowi. Ia bisa merampungkan perjanjian dagag internasional di tengah situasi pandemi tekanan negara-negara maju,” Henro memaparkan.

Sukses menyelesaikan perjanjian dagang internasional menjadi titik awal  dalam transaksi dagang Indonesia dengan negara lainnya.  Perjanjian dagang internasonal ini menjadi instrumen penting untuk memperluas dan meningkatkan ekspor Indonesia. Dengan perjanjian dagang, baik bilateral maupun multilateral, para pelaku Indonesia bisa mengeskpor dengan potongan bea masuk bahkan nol persen.

Hasilnya positif. Neraca perdagangan Indonesia selalu surplus. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), surplus perdagangan Indonesia stabil dengan angka rata-rata 3-4 miliar Amerika Serikat (AS) per bulan dan itu sudah berlangsung selama 38 bulan berturut-turut.

Torehan tertinggi dicapai pada Desember 2022.  Ketika itu Indonesia surplus USD54,46 miliar. Mengacu data statistik pula, torehan di Desember 2022 itu adalah yang tertinggi sejak Indonesia merdeka.

“Jejaring internasional yang dibinanya dan kemampuan berbahasa Inggris yang sangat baik membantu Jerry dalam menjalankan tugas negara. Ia juga piawai berdiplomasi. Jerry salah satu purna paskibraka yang membanggakan. Ia Wakil Ketua Majelis Pertimbangan  PPI Sulut,” kata Henro.

Sukses Jerry di kabinet Indonesia Maju menurut pengusaha muda ini menginspirasi dan memberi motivasi bagi kalangan muda, terlebih purna paskibraka di Sulut untuk terus berkarya.  “Dua bulan lalu saat saya di Jakarta, saya mendapat kabar Jerry akan mendapat award dari salah satu organisasi pers atas prestasi dan kinerjanya yang luar biasa sebagai Wamendag. Sangat pantas kalau Jerry diganjar penghargaaan karena ia memberikan yang terbaik untuk Kementerian Perdagangan dan rakyat Indonesia,” ujarnya.

Secara khusus, Henro menyebut prestasi Jerry di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin ikut melambungkan citra Sulut di level nasional. “Saat perkenalan di istana, Presidem Jokowi menyebut Jerry sebagai putra Sulut, artinya representasi warga Sulut. Ia menunjukkan kualitas warga Sulut. Bahwa jika diberi kepercayaan, orang Sulut akan memberi yang terbaik untuk Indonesia. Ini poin yang memberi nilai plus untuk Sulut,” kata Henro yang dibenarkan pengurus PPI Sulut lainnya, Iwan Moniaga.

Mengingat Jerry sebagai Wakil Ketua Majelis Pertimbangan PPI Sulut, Henro dan kawan-kawan ingin mengundang khusus doktor ilmu politik termuda dari Universitas Indonesia itu untuk berbagi pengalaman. “Kami ingin Jerry dan purna paskibraka lainnya yang sudah sukses di bidangnya bisa menularkan virus kesuksesan itu kepada adik-adik yang baru bergabung di PPI Sulut,” kata Henro.

Jerry diketahui pernah menjadi Paskibaraka nasional. Gemblengan selama menjalani latihan sebagai calon anggota Pakskibraka ikut membentuk kribadian Jerry yang tangguh, disiplin dan berdedikasi. Tak heran bila ia banyak dipercaya memegang sejumlah jabatan penting.

Kini bakal calon legislatif (Bacaleg) Partai Golkar untuk DPR RI dari Dapil Sulut itu sering diundang sebagai pembicara di berbagai forum nasional dan internasional. “Golkar tepat mendorong Jerry Sambuaga kembali ke DPR RI. Kami siap mensupport Bacaleg nomor urut 2 dari Partai Golkar ini demi citra Sulut di level nasional,” kata Ketua Forum Diskusi Pemuda Minahasa (FDPM) Adri Muthalib. (*/nji)

 

Related posts