Keketuaan Indonesia Perkuat Soliditas, Jerry Sambuaga Ajak Negara-negara ASEAN Hadapi Tantangan Bersama-sama

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga bersama pembicara lainnya (Foto: dok Kemendag

Jakarta, megamanado-Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga Jerry memastikan keketuaan Indonesia memperkuat soliditas dan kolaborasi antarnegara ASEAN. Jerry menyampaikan itu saat menjadi narasumber pada ASEAN Investment Forum (AIF) 2023, Senin (4/9/2023).

Dengan demikian negara-negara Asia Tenggara menurut dia dapat bersama-sama menghadapi berbagai tantangan perekonomian global saat ini. Politisi Golkar asal Sulawesi Utara (Sulut) ini pun mendorong adanya sistem regulasi yang disepakati dan diakui seluruh anggota dan mitra dialog ASEAN.

Read More
Wamendag Jerry Sambuaga saat menjadi narasumber di hari pertama penyelenggaraan ASEAN Investment Forum 2023 (Foto: dok Kemendag

Regulasi yang sudah disepakati tersebut tertuang dalam ASEAN Comprehensive Investment Agreement (ACIA) dengan empat pilar investasi yakni liberalisasi, perlindungan, promosi, dan fasilitasi. “Selain itu harus meminimalisasi ketentuan yang mempersulit pelaku usaha meraih keuntungan dari perdagangan intra-ASEAN dan mitra dialognya,” katanya.

Jerry menyebut keempat pilar itu akan membuat pencapaian perekonomian menjadi terintegrasi dan melekat satu dengan lainnya..”Dengan begitu masyarakat dapat menikmati pemerataan pembangunan dan pertumbuhan secara inklusif,” katanya.

Jerry juga mengingatkan hambatan potensial dalam menyederhanakan kebijakan negara-negara ASEAN kemungkinan berasal dari tahapan pembangunan ekonomi dan industri yang berbeda. Maka itu ia berharap Sekretariat ASEAN dapat memberikan efisiensi dan implementasi efektif dari kegiatan-kegiatan yang mendorong kerja sama regulasi investasi.

Dalam kesempatan itu Jerry memastikan keketuaan Indonesia memperkuat soliditas dan kolaborasi antarnegara ASEAN. “Dengan demikian negara-negara Asia Tenggara dapat bersama-sama menghadapi berbagai tantangan perekonomian global saat ini,” ujarnya.

Di ASEAN Forum Investment 2023, pejabat milenial ini dua kali didapuk menjadi narasumber. Sebelumnya ia juga menjadi Ketua Delegasi Indonesia dalam pertemuan pleno ke-23 ASEAN Economic Community Council (AECC). Pertemuan tersebut dipimpin Menteri Koordinator Ekonomi Airlangga Hartarto.

ASEAN Investment Forum 2023 merupakan agenda tambahan dalam kegiatan ASEAN Business and Investment Summit (ABIS). Ini merupakan rangkaian acara KTT Ke-43 ASEAN yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC).

Selain 11 negara anggota ASEAN, sebanyak 11 negara mitra dialog menghadiri kegiatan tersebut. Di antaranya Republik Korea, India, Jepang, RRT, Selandia Baru, Kanada, Australia, Rusia, Amerika Serikat, Cook Islands, dan Bangladesh. (*/ben)

 

Related posts