Kepala SDN 07 Manado, Mengucapkan, Dirgahayu Republik Indonesia Ke 78

MANADO,megamanado – 78 Tahun sudah bangsa Indonesia menikmati kemerdekaan. Selama itu pula banyak pembangunan di berbagai sektor digenjot pemerintah termasuk pendidikan.

Momen mengisi dan merayakan Kemerdekaan Kepala SDN 103 Manado Nila Hamadi MPd, mengatakan, membentuk karakter peserta didik yang berbudi luhur harus berdasarkan enam elemen dalam Profil Pelajar Pancasila, yakni: berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Langkah awal pendidikan di mulai dari apel pagi, dengan memberikan wejangan positif untuk membentuk karakter mereka.

Sebab menurut dia, melalui proses belajar anak-anak akan dapat menyebarkan potensi yang terdapat pada individu mereka masing-masing. Membentuk karakter sangat penting bagi anak supaya mereka bisa menyesuaikan diri serta memecahkan problem baik yang berkaitan dengan teman serta lingkungannya, maupun dilema yg kelak akan timbul didalam kehidupannya saat dewasa.

“Sebagai tenaga pendidik membentuk akhlak yang berbudi luhur kepada peserta didik, adalah tugasnya,” katanya.

Selanjutnya, mengembangkan kemampuan literasi pada anak sejak dini, sebab modal itu akan menjadi modal yang baik bagi anak dalam menghadapi masa mendatang.

Menurutnya, kalau anak memiliki kemampuan literasi itu akan membantu mereka dalam beraktivitas seperti membaca, menulis, menghitung, mengembangkan kemandirian, meningkatkan prestasi akademik, mempersiapkan diri memasuki sekolah hingga mengembangkan kemampuan komunikasi dan sosialisasi dengan orang lain maupun lingkungan sekitar. Itulah caranya mengisi kemerdekaan. (cie)

 

 

Related posts