Ramai Pengunjung, Road to FPSL 2023 di Jakarta Sukses Digelar

Didampingi Wakil Walikota Hengky Honandar, Walikota Bitung Maurits Mantiri memberikan sambutan pada kegiatan Road to FPSL 2023 di Anjungan Sarinah Plaza, Jakarta Pusat.(ist)

 

Read More

Bitung, megamanado- Pemkot Bitung kembali menggelar kegiatan bertajuk Road to Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2023. Kali ini, kegiatan tersebut diadakan di Anjungan Sarinah Plaza, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

 

Road to FPSL yang kedua ini dilaksanakan pada Kamis (13/7/2023). Sebelumnya, agenda serupa sudah digelar di ruas jalan depan Kantor Walikota Bitung pada pertengahan bulan lalu. Dan rencananya, Road to FSPL yang ketiga akan dihelat Agustus nanti di Kota Manado.

 

“Ini kan dalam rangka promosi dan sosialisasi pelaksanaan FPSL. Makanya dilaksanakan tiga kali di tiga tempat berbeda, dan yang terakhir akan digelar bulan depan di Manado,” ujar Sekretaris Daerah Rudy Theno.

 

 

Road to FPSL di Anjungan Sarinah Plaza ini berlangsung semarak dan spektakuler. Hajatan itu ramai didatangi pengunjung mengingat lokasi kegiatannya strategis. Tak hanya warga Kawanua yang ada di Jakarta dan sekitarnya, hajatan tersebut juga mengundang perhatian masyarakat luas dan wisatawan mancanegara.

 

Kemasan acara yang dibuat menarik menjadi penyebab utama membludaknya pengunjung. Selain kegiatan bersifat entertain, pertunjukan budaya lokal Bitung dan Sulawesi Utara juga menarik perhatian. Terlebih ada juga sajian kuliner khas Kota Cakalang yang ditampilkan para pelaku UMKM dari daerah ini.

 

“Seperti yang saya bilang tadi, karena ini kegiatan bersifat promosi, maka semua potensi, keunggulan, keunikan dan ciri khas daerah kita tampilkan. Dan ternyata ini mendapat sambutan positif dibuktikan dengan banyaknya pengunjung,” imbuh Rudy.

 

 

Sementara itu, Walikota Bitung Maurits Mantiri dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur. Ia senang karena Road to FPSL di Anjungan Sarinah Plaza berjalan dengan lancar dan sesuai ekspektasi.

 

“Kami bangga karena bisa mengenalkan Kota Bitung sekaligus FPSL ke masyarakat luas lewat kegiatan ini. Dan itu memang harapan kita, sehingga nantinya saat FPSL dilaksanakan banyak pengunjung yang datang,” tukas Maurits yang didampingi Wakil Walikota Hengky Honandar.

 

Ia pun menekankan tujuan pelaksanaan FPSL maupun kegiatan promosinya. Menurut dia, selain untuk meningkatkan daya saing sektor pariwisata Bitung, hajatan itu juga dalam rangka mendorong kemajuan perekonomian daerah.

 

 

Dari awal kami sudah berpikir bagaimana cara meningkatkan perekonomian daerah agar bisa lebih cepat dan tepat. Nah, selain sektor industri yang memang sudah berkembang, kami pikir pariwisata juga bisa diandalkan. Karena itulah kita rutin melaksanakan FPSL setiap tahun. Sebab, FSPL ini punya efek domino yang dampak positifnya cepat dirasakan oleh masyarakat maupun daerah,” tuturnya.

 

Maurits mengakui Bitung masih memiliki banyak kekurangan dalam sektor pariwisata. Selain fasilitas pendukung di destinasi wisata yang belum lengkap, dukungan dari para stakeholder juga dianggap belum maksimal. Untuk itulah kata dia, kegiatan bersifat promosi potensi daerah perlu lebih intens dilaksanakan guna menutupi kekurangan di atas.

 

“Karena itulah kami akan terus berbenah agar kedepan semakin baik. Dan pembenahan ini kami laksanakan sambil jalan agar bisa mendorong keterlibatan semua pihak,” tandas Maurits yang diamini Hengky.

 

Road to FPSL di Anjungan Sarina Plaza turut dihadiri sejumlah pihak. Mereka diantaranya perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Komang Ayu Astuti, perwakilan dari Kantor Pusat BRI, Rhesita Yustitiana, Manager Creative Space Sarinah, Janevan, Anggota DPD RI utusan Sulawesi Utara, Stevanus BAN Liow, Pembina Komunitas Warga Bitung di Jabodetabek, Hj Ruben Tumade, serta Ketua Laskar Don Bosco, Agustinus Tumade.

 

Selain itu, dari unsur Forkopimda Bitung juga hadir. Mereka adalah Ketua DPRD Bitung Aldo Nova Ratungalo, Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa, serta Dandim 1310/Bitung Letkol Armed Yoki Efriandi. Adapun artis lokal Bitung yang tampil terdiri dari Basgilano, Gunz, Teddy Salendah, Bitkaw Band, Fanny Sumapode, serta Sanggar Bapontar.(advertorial)

Related posts