Sarat Pengalaman, Jackson Ruaw Hadirkan Inovasi di DPRD Bitung

Plt Sekretaris DPRD Bitung Jackson Ruaw.(ist)

 

Read More

Bitung, megamanado- Jackson Ruaw belum lama diangkat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD Bitung. Mantan pejabat Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) ini mengisi jabatan lowong yang ditinggal almarhumah Rita Sumiok. Namun begitu, ia sudah menunjukan gebrakan dalam menjalankan tugas barunya itu.

“Kepercayaan yang diberikan pimpinan harus dijawab dengan sungguh-sungguh. Itu komitmen saya dalam menjalankan tugas yang diemban,” ujarnya saat ditemui di Kantor Sekretariat DPRD Bitung, Kamis (4/5/2023).

Jackson sebelum ini berkarir di Pemprov Sulawesi Utara. Jabatan terakhirnya adalah Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Sulut. Ia juga pernah bertugas di lingkup Pemkot Manado, salah satunya pernah menjabat sebagai Camat Sario.

Nah, dengan bekal pengalaman segudang ia percaya diri menjalankan tugas di Bitung. Terlebih dirinya tercatat sebagai putra asli daerah ini. Ia besar di Pateten, Kecamatan Aertembaga dan orangtuanya mantan ASN di Pemkot Bitung.

Jackson membeber fokus awalnya mengemban tugas sebagai Plt Sekretaris DPRD. Ia mengaku menetapkan program 100 hari kerja untuk memotivasi dirinya. Dan sejauh ini, sebagian dari program 100 hari kerja sudah berhasil dieksekusi.

“Yang sudah dilaksanakan ada beberapa poin. Diantaranya Rapat Paripurna Pelantikan PAW Pak Laurensius Supit, evaluasi dan percepatan kegiatan DPRD, fasilitasi kegiatan Sholat Ied di halaman Kantor DPRD, dan beberapa poin lain yang bersifat internal. Sisanya sementara jalan dan akan menyusul dieksekusi,” ungkapnya.

Namun, selain poin-poin di atas ada satu gebrakan yang sifatnya inovatif dalam rangka mendukung kinerja wakil rakyat. Gebrakan dimaksud adalah penguatan fungsi keprotokolan bagi pimpinan dan anggota DPRD Bitung. Gebrakan ini berlaku untuk semua kegiatan para wakil rakyat di mana saja.

“Iya, kami sudah mulai menempatkan petugas protokol di mana pun dan kapan pun mereka (pimpinan dan anggota Dewan,red) bertugas. Baik saat menjalankan tugas sehari-hari, menghadiri undangan kegiatan, hingga melaksanakan tugas di luar daerah. Contohnya di Bandara Sam Ratulangi, ada dua petugas protokol yang kami tempatkan di sana untuk membantu tugas pimpinan dan anggota,” paparnya.

Penguatan fungsi keprotokolan ini tak sekedar melayani para wakil rakyat. Tujuan utamanya kata Jackson, adalah mendukung pelaksanaan tugas pimpinan dan anggota DPRD dalam menjawab keinginan masyarakat. Para legislator perlu diberikan support agar lebih maksimal menjalankan tanggung jawab mereka.

“Itu tujuan utamanya, demi kelancaran pelaksanaan tugas yang pada gilirannya berimbas terhadap pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Jackson sendiri punya harapan terkait tugas yang diembannya. Ia berharap langkah awal yang sudah baik dapat terus dipertahankan di kemudian hari. Dan yang tidak kalah penting lanjut dia, hal di atas dapat memperkuat peran DPRD Bitung dalam menjalankan tugas sebagai mitra kerja pemerintah.

“Tujuan besarnya itu, memperkuat kemitraan DPRD dan Pemkot Bitung dalam rangka menjembatani aspirasi masyarakat. Jadi ada sinergitas yang kuat antara eksekutif dan legislatif untuk kepentingan umum,” pungkasnya.

Diketahui, Jackson mulai menjabat Plt Sekretaris DPRD Bitung sejak 18 April lalu. Jabatan itu kosong setelah pejabat definitifnya meninggal dunia karena sakit. Sempat diisi sementara oleh Sekretaris Daerah Rudy Theno, Jackson akhirnya dipercaya menempati jabatan tersebut. Adapun jabatan definitif yang bersangkutan adalah Kabid Pengembangan Sumber Daya Komunikasi dan Informatika pada Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkot Bitung.(bds)

Related posts