Peringati Tiga Hari Besar Nasional, Rita Tangkudung Didaulat jadi Inspektur Upacara

Ketua TP-PKK Bitung Rita Mantiri-Tangkudung menjadi inspektur upacara peringatan tiga hari besar nasional.(ist)

 

Read More

Bitung, megamanado- Pemkot Bitung menggelar upacara bendera dalam rangka peringatan tiga hari besar nasional. Dalam kesempatan itu, Rita Mantiri-Tangkudung selaku Ketua TP-PKK didapuk menjadi inspektur upacara.

 

Tiga hari besar dimaksud terdiri dari Hari Kartini, Hari Otonomi Daerah, dan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Upacara diadakan di Lapangan Kantor Walikota Bitung pada Rabu (26/4/2023) pagi. Peserta upacara adalah jajaran pegawai dan THL di Pemkot Bitung.

 

 

Penunjukan Rita sebagai inspektur upacara terkait dengan peringatan Hari Kartini. Pemkot Bitung sengaja memberi peran bagi kaum wanita bertepatan dengan momentum itu. Buktinya, komandan upacara juga dipercayakan kepada Direktur RSUD Pratama Bitung Vivi Tumbel.

 

Dalam amanatnya Rita menyampaikan refleksi terkait peringatan tiga hari besar tersebut. Ia mengawalinya dengan refleksi peringatan Hari Kartini. Sebelumnya, ia juga tak lupa menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri.

 

“Bagi semua kaum perempuan, tidak henti-hentinya diingatkan untuk meneladani perjuangan dan warisan RA Kartini untuk kehidupan saat ini. Kita harus bisa mencontohnya agar tidak dipandang sebelah mata, melainkan mampu berperan sebagaimana kaum laki-laki,” tuturnya.

 

 

Rita mengakui kaum perempuan dewasa ini sudah lebih maju dibanding zaman RA Kartini. Namun begitu kata dia, hal itu harus terus ditingkatkan agar perempuan lebih maksimal menunjukan kemampuan dan peran yang dimiliki. Ia pun berharap perempuan di Bitung bisa mewujudkan hal tersebut.

 

Rita selanjutnya membahas peringatan Hari Otonomi Daerah dan Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Ia meminta pemerintah dan semua pihak bersinergi demi suksesnya agenda dua hari besar itu. Menurutnya, kolaborasi semua pihak yang sangat diperlukan demi terwujudnya cita-cita yang diharapkan.

 

 

“Baik itu semangat dan tujuan otonomi daerah maupun kesiapsiagaan bencana. Pemerintah harus mampu mengedukasi masyarakat terkait tujuan yang ingin dicapai, dan masyarakat pun harus ambil bagian sesuai kapasitas yang dimiliki,” ujarnya menyampaikan harapan.

 

Walikota Bitung Maurits Mantiri hadir dalam upacara tersebut. Ia ditemani Sekretaris Daerah Rudy Theno dan para pejabat. Selain itu, unsur Forkopimda juga ikut ambil bagian. Mereka diantaranya Kajari Bitung Fauzal, serta Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi. Selain tiga hari besar nasional, upacara juga dirangkaikan dengan apel KORPRI.(bds/adv)

Related posts