Pendidikan adalah pintu menuju ke dunia pengetahuan. Pendidikan adalah pintu menuju masa depan. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023!

MANADO, megamanado – Kebijakan pendidikan di Indonesia, mengacu pada prioritas kebijakan nasional serta menuju pada visi kebangsaan dari pemimpin negara. Dalam berbagai kesempatan, Mas Menteri Nadiem Makarim menyampaikan bahwa ada lima arah kebijakan pendidikan yang bakal diperkuat pada 2023 ini, yakni (1) optimalisasi angka partisipasi pendidikan, (2) inovasi riset dan teknologi, (3) peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan, (4) memajukan dan melestarikan bahasa dan kebudayaan, (5) tata kelola pendidikan dan kebudayaan.

Hal ini juga yang menjadi dasar pijakan dan arah pendidikan dari seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kota Manado. Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayan Manado, Triana Almas MSi, mengurai salah satu cara yang dilakukan agar visi pemerintah di bidang pendidikan berhasil yaitu, Kurikulum Merdeka harus diterapkan. Sebab di dalamnya ada pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

“Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik,” terangnya.

Karena itu dijelaskan, projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran. 

“Momen Hardiknas ini, saya yakin pemerintah kembali akan mempertegas tentang Kurikulum ini sebab masa depan peserta didik berdasarkan startegi pembelajaran yang diberikan guru dan berdasarkan Kurikulum Merdeka,” ujarnya.

Katanya, demi tercipta generasi Indonesia unggulan, perlu adanya ‘Merdeka Belajar’ yang berarti bebas mengoptimalkan kemampuan sesuai minat. “Pendidikan adalah pintu menuju ke dunia pengetahuan. Pendidikan adalah pintu menuju masa depan. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023!”. (cie)

 

 

 

 

Related posts