Kepesertaan JKN Tinggi, Pemkot Bitung Raih Penghargaan UHC

Sekretaris Daerah Bitung Rudy Theno menerima penghargaan UHC tahun 2023 dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.(ist)

 

Read More

Bitung, megamanado- Pemkot Bitung dianugerahi penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2023. Penghargaan itu diberikan atas keberhasilan meningkatkan kepesertaan masyarakat terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN.

 

Penyerahan penghargaan UHC dilaksanakan Selasa (14/3/2023) di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Jakarta. Sekretaris Daerah Bitung Rudy Theno mewakili Walikota menerima penghargaan itu. Ia didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Pitter Lumingkewas.

 

Pemberian penghargaan UHC diprakarsai oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Penghargaan itu diberikan bagi daerah yang kepesertaan pada program JKN di atas 95 persen dari total jumlah penduduk. Bitung sendiri sudah mencapai persentase tersebut.

 

 

“Kita patut berbangga dengan keberhasilan memperoleh penghargaan UHC ini. Sebab ini artinya pemerintah mampu memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang diperlukan,” ujar Rudy Theno usai menerima penghargaan dimaksud.

 

Meski demikian, Rudy mengaku belum puas dengan capaian itu. Ia merasa persentase kepesertaan terhadap program JKN bisa lebih tinggi. Terlebih kata dia, untuk tahun depan Bitung diarahkan bisa memenuhi target nasional, yakni 100 persen kepesertaan.

 

“Tahun depan harus lebih baik, harus 100 persen,” ucapnya.

 

Ia pun membeber upaya yang akan ditempuh guna mencapai target 100 persen. Langkah utama kata dia, adalah terus mendorong masyarakat untuk ikut serta dalam program JKN.

 

 

“Kita akan menggalakan sosialisasi kepada masyarakat sekaligus pendataan agar lebih banyak lagi yang ikut. Dan untuk itu kita akan push (pemerintah) kecamatan dan kelurahan agar pro aktif. Harus turun ke bawah untuk menjangkau masyarakat,” papar Rudy seraya menyebut hal itu sesuai instruksi Walikota Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Hengky Honandar.

 

Pemberian penghargaan UHC dilakukan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Di Provinsi Sulawesi Utara sendiri ada beberapa kabupaten/kota yang meraih penghargaan tersebut, termasuk juga pemerintah provinsi. Alhasil, Gubernur Olly Dondokambey ikut menerima penghargaan UHC.

 

Acara penyerahan penghargaan ini dihadiri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Selain itu, sejumlah pejabat negara juga ikut serta. Diantaranya adalah Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti.(adv)

Related posts