Terima DIPA 2023, Hengky Jamin Kebijakan Anggaran Fokus Pemulihan Ekonomi

  • Whatsapp

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyerahkan DIPA dan Buku Alokasi Dana TKD kepada Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar. Penyerahan turut disaksikan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulut Ratih Hapsari Kusumawardani.(ist)

 

Read More

Bitung, megamanado- Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2023. Dokumen itu diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey.

 

Kegiatan penyerahan DIPA berlangsung Senin (5/12/2022) di Gedung Keuangan Negara, Jalan Bethesda, Manado. Kegiatan itu diikuti para kepala dan wakil kepala daerah se-Provinsi Sulut. Selain DIPA, Gubernur juga menyerahkan Buku Alokasi Dana Transfer ke Daerah (TKD) untuk semua kabupaten/kota.

 

Penyerahan DIPA ini jadi pertanda bahwa pemerintah siap melaksanakan APBN dan APBD di tahun mendatang. DIPA itu sendiri jadi acuan dalam merealisasikan kebijakan anggaran yang telah disetujui oleh Presiden.

 

“Ini semacam langkah awal. Dengan diterimanya DIPA kita sudah bisa memulai tahapan pelaksanaan kebijakan anggaran untuk tahun depan, khususnya anggaran yang ditransfer pusat ke daerah,” terang Hengky melalui keterangan tertulis.

 

Hengky pun menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat maupun Pemprov Sulut. Ia menilai selama ini perhatian dari pusat dan provinsi untuk Bitung sangat terasa. Perhatian tersebut salah satunya menyangkut alokasi dana transfer untuk daerah ini.

 

“Karena itu kami akan terus berupaya agar anggaran yang turun dapat dimanfaatkan dengan baik. Dan sesuai instruksi dari pusat, kami akan memanfaatkan dana transfer untuk kegiatan pemulihan dan penguatan ekonomi daerah,” tuturnya.

 

Selain DIPA dan Buku Alokasi Dana TKD, pada kesempatan itu Hengky juga menerima penghargaan dari pusat yang diserahkan Gubernur. Penghargaan dimaksud diberikan atas keberhasilan Pemkot Bitung meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terkait laporan dan pengelolaan keuangan daerah.

 

Penghargaan tersebut diberikan karena Bitung jadi satu-satunya daerah di Sulut yang 10 kali (bahkan 11 kali berturut-turut,red) memperoleh opini WTP. Penghargaan ini sebelumnya sudah diserahkan pemerintah pusat dan kini diperkuat Pemprov Sulut.(bds)

Related posts