Kabar Baik, Kapal Ikan di Bawah 30 GT Bisa Urus Izin di Bitung

  • Whatsapp

Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Sulut melaksanakan sosialisasi pengurusan izin perikanan di Bitung. Sosialisasi ini sekaligus menandai pembukaan gerai atau outlet perizinan perikanan di daerah ini.(ist)

 

Read More

Bitung, megamanado- Ada kabar gembira bagi pelaku usaha perikanan di Kota Bitung. Kini untuk pengurusan izin di bidang perikanan bisa dilakukan di sini. Hal itu terwujud setelah Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) membuka gerai di daerah ini.

 

Kabar tersebut terungkap tadi pagi saat Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Sulut melaksanakan kegiatan di Bitung. Kegiatan dimaksud adalah sosialisasi sekaligus pembukaan gerai pelayanan perizinan di Kota Cakalang. Kegiatan itu diadakan di Ruang SH Sarundajang, Kantor Walikota Bitung pada Rabu (30/11/2022).

 

“Kami membuka gerai pelayanan perizinan di Kota Bitung untuk memberikan kemudahan. Kami tahu di sini banyak sekali pelaku usaha perikanan sehingga perlu diberikan perhatian tersendiri,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Sulut, Tinneke Adam, saat melaksanakan sosialisasi.

 

Layanan perizinan yang hadir di Bitung dikhususkan untuk pengurusan izin bagi kapal dengan kapasitas di bawah 30 gross tonnage atau GT. Layanan itu diberi tajuk Program Outlet Dekat Sarana Kelautan alias ODSK.

 

“Jadi nantinya tidak perlu lagi ke Manado. Kami dari provinsi sudah membuka gerai atau outlet di sini. Kami bekerjasama dengan DKP (Dinas Kelautan dan Perikanan,red) Bitung dan DPM-PTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,red) Bitung,” imbuh Tinneke.

 

Walikota Bitung Maurits Mantiri yang hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut memberikan apresiasinya. Ia menilai program yang dihadirkan Pemprov Sulut sangat positif dan membantu pelaku usaha perikanan.

 

Walikota Bitung Maurits Mantiri menyambut baik dan mendukung penuh kebijakan Pemprov Sulut mendekatkan pelayanan perizinan perikanan kepada stakeholder.(ist)

 

“Kami sangat menyambut baik dan berterima kasih kepada Pak Gubernur dan Wakil Gubernur, serta juga Ibu Kadis. Program ini sangat baik dan memang selama ini program seperti ini yang kami butuhkan,” tukasnya.

 

Maurits yakin pelaku usaha perikanan maupun nelayan kecil akan sangat terbantu dengan program dimaksud. Ia percaya kebijakan itu akan mendorong peningkatan produksi ikan dan pada gilirannya berimbas positif ke perekonomian daerah.

 

“Karena selama ini teman-teman kita pelaku usaha perikanan selalu mengeluh. Selain harus bolak-balik ke Manado, mereka juga harus menunggu lama karena proses perizinannya berbelit-belit. Nah sekarang dengan hadirnya outlet di sini tentu akan memberi keuntungan. Alurnya lebih ringkas sehingga jadi lebih mudah dan murah,” tuturnya.

 

Maurits pun mendorong pelaku usaha perikanan dapat memanfaatkan kesempatan itu. Ia meminta mereka membantu mensosialisasikan program ODSK ke rekan-rekan yang lain. Tujuannya, mereka semua akan mendapatkan kemudahan seperti yang selama ini diharapkan.

 

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan diikuti sejumlah pihak. Selain jajaran Pemkot Bitung, perwakilan pelaku usaha perikanan juga ikut hadir. Mereka justru sebagai undangan dalam kegiatan tersebut.(bds)

Related posts