Maurits Ajak Semua Elemen Teladani Perjuangan Para Pahlawan

Upacara bendera di Kantor Walikota Bitung dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2022.(ist)

 

Read More

Bitung, megamanado- Pemkot Bitung melaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pahlawan. Peringatan ini jadi momentum yang tepat merefleksikan perjuangan para pendahulu mempertahankan kemerdekaan.

 

Upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pahlawan digelar Kamis (10/11/2022) pagi. Seperti biasa, agenda tersebut diadakan di Lapangan Upacara Kantor Walikota Bitung. Upacara ini diikuti unsur Forkopimda Bitung, TNI/Polri, generasi muda, serta jajaran ASN di Pemkot Bitung.

 

Walikota Maurits Mantiri jadi inspektur upacara dalam kesempatan itu. Dirinya pun menyampaikan sambutan yang ditujukan kepada semua elemen masyarakat. Poin penting yang disampaikan adalah ajakan untuk meneladani perjuangan para pahlawan.

 

Walikota Bitung Maurits Mantiri melakukan tabur bunga di Selat Lembeh untuk menghormati perjuangan para pahlawan.(ist)

 

“Apa yang dilakukan generasi terdahulu harus kita teladani. Mereka dianggap sebagai pahlawan karena telah berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara. Mereka rela mati demi mempertahankan kemerdekaan yang sekarang kita nikmati bersama,” tuturnya.

 

Maurits lalu menyentil tema yang diangkat dalam peringatan Hari Pahlawan tahun ini, yaitu Pahlawanku Teladanku. Dirinya menyebut tema itu sengaja dipilih guna menjadi acuan generasi sekarang merefleksikan perjuangan para pahlawan.

 

“Tujuannya agar kita belajar dan meneladani perjuangan para pahlawan. Kita yang hidup saat ini tinggal menikmati jerih payah mereka dalam mempertahankan kemerdekaan, sehingga sudah sepantasnya teladan yang mereka tinggalkan kita jadikan contoh,” pinta Maurits.

 

Generasi saat ini tidak perlu mengangkat senjata untuk meneladani para pahlawan. Yang perlu dilakukan kata Maurits, hanya bertindak konstruktif dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara. Garis besarnya adalah terus menjaga dan menegakkan kemerdekaan yang sudah diwariskan para pahlawan.

 

Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar juga melaksanakan tabur bunga untuk memberi penghormatan kepada para pahlawan. Dalam foto ini Hengky melakukannya di TMP Kadoodan, Kecamatan Madidir.(ist)

 

“Contoh sederhananya adalah tetap setia pada NKRI dan terus menjaganya,” tukas yang bersangkutan.

 

Upacara bendera tersebut dirangkaikan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kadoodan. Setelah itu, agenda berlanjut dengan kegiatan tabur bunga untuk menghormati para pahlawan. Tabur bunga diadakan di perairan Selat Lembeh dengan menumpang KRI Kakap 811 yang tengah berlayar.

 

Wakil Walikota Hengky Honandar juga hadir dalam upacara bendera. Bersama Sekretaris Daerah Ruddy Theno ia mendampingi Walikota pada kesempatan itu. Keduanya ikut serta hingga rangkaian kegiatan Hari Pahlawan selesai.(bds)

Related posts