Partai Hanura Bitung Optimis Lolos Verfak

Petugas KPU Bitung melakukan pemeriksaan terhadap persyaratan verifikasi faktual di Kantor DPC Partai Hanura Bitung. Pemeriksaan itu ikut diawasi oleh perwakilan Bawaslu Bitung.

 

Read More

 

Bitung, megamanado- Pengurus DPC Partai Hanura Bitung optimis akan lolos verifikasi faktual (verfak) yang dilaksanakan KPU Bitung. Partai tersebut mengikuti tahapan itu pada Senin (17/10/2022) tadi siang.

 

Verfak terhadap Partai Hanura dipimpin salah satu Komisioner KPU Bitung Syarifudin Hasan. Ia ditemani sejumlah staf melakukan penelitian terhadap persyaratan yang diminta, salah satunya Sekretaris KPU Bitung Poula Tuturoong.

 

Kegiatan tersebut diadakan di Kantor DPC Partai Hanura Bitung di Kelurahan Kadoodan, Kecamatan Madidir, atau tepatnya di depan Rumah Dinas Walikota Bitung. Verfak itu sendiri akan menjadi penentu keikutsertaan parpol dalam Pemilu 2024.

 

Kepada wartawan usai verfak Syarifudin membeber materi pemeriksaan atau penelitian. Sesuai ketentuan kata dia, materinya menyangkut keberadaan pengurus dan kantor parpol.

 

“Materi pemeriksaan meliputi keberadaan kantor partai, kemudian soal keterwakilan perempuan dalam kepengurusan, apakah capai 30 persen atau tidak, dan selanjutnya kelengkapan kepengurusan. Yang kami periksa adalah semua dokumen yang menyangkut materi itu,” terangnya.

 

Syarifudin pun langsung membeber hasil pemeriksaan terhadap Partai Hanura. Ia menyebut masih ada kekurangan yang didapat meskipun tidak signifikan.

 

“Kami temukan ada beberapa poin yang masih kurang tapi tidak signifikan. Salah satunya soal batas waktu penggunaan kantor partai. Data yang dimasukkan ke sipol berbeda dengan dokumen yang ditunjukan sehingga perlu ada penyesuaian. Jadi kami pikir itu bisa dipenuhi apalagi ada waktu untuk masa perbaikan bagi semua partai,” tuturnya.

 

Djeri Tomuka selaku Sekretaris DPC Partai Hanura Bitung memberi tanggapan soal verfak yang dilakukan KPU. Ia memastikan persyaratan yang kurang akan segera dipenuhi oleh pihaknya.

 

“Kami sudah penuhi tanggung jawab kami mengikuti verifikasi faktual yang dilaksanakan KPU dan Bawaslu Bitung. Karena itu kami ucapkan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu yang sudah datang ke kantor kami. Dan untuk persyaratan yang belum lengkap kami akan langsung tindaklanjuti setelah ini. Jadi tidak ada masalah, lancar-lancar saja,” tukasnya.

 

Djeri lalu menyatakan optimismenya lolos tahapan verfak. Menurut dia, rasa optimis itu didasari pengalaman Partai Hanura selama ini.

 

“Optimis lolos. Kami bukan partai baru, kami punya pengalaman, jadi sudah biasa mengikuti tahapan semacam ini,” tandasnya.

 

Dalam pelaksanaan verfak dimaksud Rusli Utiarachman selaku Ketua DPC Partai Hanura Bitung tidak berada di tempat. Ia mengikuti tahapan itu via daring karena tengah berada di luar daerah. Meski begitu, jajaran pengurus yang lain hadir lengkap dalam kesempatan itu.(bds)

Related posts