Esok, KPU Bitung Mulai Verfak Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

KPU Bitung menggelar rapat koordinasi dalam rangka persiapan pelaksanaan tahapan verifikasi faktual parpol calon peserta Pemilu 2024. Rapat yang sekaligus sosialisasi itu turut menghadirkan narasumber Sekretaris Daerah Bitung Ruddy Theno.

 

Read More

 

Bitung, megamanado- Tahapan verifikasi faktual (verfak) terhadap parpol calon peserta Pemilu 2024 telah dimulai. Tahapan ini jadi salah satu penentu apakah parpol bisa ikut serta atau tidak. Khusus di Bitung, tahapan verfak akan dimulai esok hari.

 

“Besok kita start,” ujar Ketua KPU Bitung Deslie Sumampouw, Sabtu (15/10/2022).

 

Tahapan verfak ini ditetapkan oleh KPU RI. Jadwal pelaksanaannya memakan waktu hampir tiga pekan, yakni 15 Oktober 2022 hingga 4 November 2022.

 

“Dan tanggal 9 November akan dilakukan penyampaian hasil verfak,” imbuh Deslie.

 

Di Bitung sendiri jadwal pelaksanaan verfak ditetapkan hanya dua hari, yaitu 16-17 Oktober 2022. Dari 18 parpol yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi oleh KPU RI, hanya sembilan diantaranya yang akan mengikuti verfak.

 

“Iya, di sini cuma sembilan parpol. Sembilan yang lain tidak lagi ikut karena dianggap sudah memenuhi syarat. Salah satu alasannya mereka parpol yang memenuhi ambang batas parliamentary threshold. Itu sesuai petunjuk dari KPU RI,” terang Deslie.

 

Deslie pun menyebut sembilan parpol yang harus mengikuti verfak. Mereka terdiri dari Partai Hanura, PSI, PBB, PKN dan Partai Ummat. Empat lainnya adalah Partai Perindo, Partai Buruh, Partai Garuda dan Partai Gelora.

 

“Sedangkan yang tidak ikut verfak terdiri dari PPP, PKB, PDI Perjuangan, NasDem, Demokrat, PAN, Gerindra, Golkar dan PKS,” ungkapnya.

 

Menariknya, PKP sebagai salah satu parpol besar di Bitung dipastikan tidak bisa ikut verfak. Parpol tersebut gagal karena dinyatakan tidak lolos verifikasi administrasi oleh KPU RI. Namun begitu, terkait hal tersebut Desli enggan berkomentar lebih. Ia beralasan keputusan itu wewenang dari KPU RI.

 

Terkait pelaksanaan tahapan verfak parpol, KPU Bitung telah melaksanakan sosialisasi kepada sejumlah pihak. Sosialisasi tersebut ditujukan kepada pengurus parpol, aparat keamanan, jajaran pemerintah daerah, serta insan pers.

 

Sosialisasi dimaksud dilaksanakan dua hari berturut-turut di Kantor KPU Bitung, yakni Kamis-Jumat baru-baru ini. Dan selain dari KPU Bitung, sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari Bawaslu Bitung, Pemkot Bitung dan Polres Bitung. Ruddy Theno selaku Sekretaris Daerah Bitung jadi salah satu narasumber pada kegiatan dimaksud.(bds)

Related posts