Maurits-Hengky Resmikan RSUD Pratama Bitung

Walikota Bitung Maurits Mantiri menandatangani prasasti peresmian RSUD Pratama Bitung. Ia didampingi Wakil Walikota Hengky Honandar dan disaksikan Ketua Sinode GMIM Pdt Hein Arina.(ist)

 

Read More

 

Bitung, megamanado- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Bitung akan segera beroperasi dalam waktu dekat. Kepastian ini didapat setelah fasilitas kesehatan itu diresmikan Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri dan Hengky Honandar.

 

Peresmian RSUD Pratama Bitung berlangsung Senin (10/10/2022). Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka peringatan hari ulang tahun Bitung yang ke-32. Peresmian ditandai dengan ibadah yang dipimpin Ketua Sinode GMIM Pdt Hein Arina.

 

RSUD Pratama Bitung mulai dibangun akhir 2021 lalu. Lokasinya berada di Kelurahan Bitung Tengah, Kecamatan Maesa. Pembangunan rumah sakit tersebut dilaksanakan dalam rangka pemenuhan visi dan misi Maurits-Hengky. Harapannya, dengan kehadiran rumah sakit itu pelayanan kesehatan bagi masyarakat makin optimal.

 

Maurits dalam sambutan usai peresmian menegaskan kembali harapan di atas. Ia meminta seluruh jajaran yang akan bertugas di RSUD Pratama Bitung mengutamakan pelayanan yang prima.

 

Peresmian RSUD Pratama Bitung juga ditandai dengan pengguntingan pita di pintu masuk.(ist)

 

“Tujuan kami membangun rumah sakit ini agar kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan makin terpenuhi. Karena itu jangan sampai lupakan semangat tersebut. Utamakan pelayanan yang prima dengan dasar cinta kasih kepada setiap pasien,” katanya kepada petugas medis di RSUD Pratama Bitung.

 

Maurits meminta manajemen yang akan mengelola rumah sakit tersebut bekerja dengan profesional. Ia mengingatkan bahwa layanan kesehatan merupakan bagian dari kebutuhan dasar masyarakat. Untuk itu kata dia, semaksimal mungkin keluhan dari publik harus bisa direduksi.

 

“Dengan hadirnya RSUD Pratama berarti rumah sakit yang ada di Bitung semakin banyak. Karena itu pelayanan kepada masyarakat harus semakin baik dari yang sudah-sudah. Apalagi pengelolaan rumah sakit ini berada di bawah Pemkot Bitung, sehingga pelayanannya harus bisa memuaskan siapa saja masyarakat,” pintanya seraya diamini Hengky Honandar.

 

Sementara itu, Pitter Lumingkewas selaku Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Bitung memberi penjelasan. Ia menyampaikan soal rencana operasional rumah sakit dimaksud.

 

“Setelah diresmikan hari ini kita akan fokus pada operasionalnya. Kemungkinan paling lambat dua minggu dari sekarang sudah beroperasi melayani pasien seperti yang lain,” ujarnya.

 

Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Bitung, Pitter Lumingkewas, memberikan sambutan dalam peresmian RSUD Pratama Bitung. Pitter mengenakan pakaian adat Tari Kabasaran.(ist)

 

 

Pitter menyebut waktu dua minggu untuk operasional karena berdasar pengalamannya. Menurut dia, rentang waktu itu akan dipergunakan untuk mengurus hal-hal administratif yang diperlukan RSUD Pratama Bitung.

 

“Waktu dua minggu itu untuk mengurus izin operasional dan registrasi ke Kemenkes (Kementerian Kesehatan). Tapi bisa jadi tidak selama itu, bisa saja lebih cepat. Contohnya lalu waktu mengurus RS Darurat untuk Covid-19, tidak sampai satu minggu sudah selesai,” terangnya.

 

Pitter pun memastikan secara teknis RSUD Pratama Bitung sudah siap beroperasi. Keperluan yang dibutuhkan untuk kegiatan itu semua sudah terpenuhi.

 

“Secara teknis sudah siap. Nakesnya (tenaga kesehatan,red) sudah ada begitu juga dengan alkes (alat kesehatan,red). Khusus untuk nakes saat ini sudah 30 lebih dan nanti akan ditambah. Targetnya 70an orang karena itu sesuai standar tipe D,” paparnya.(bds)

Related posts